Selasa, 09 Oktober 2012

DAUN SIRSAK DAN KHASIATNYA

Manfaat dan khasiat daun sirsak memang sangat banyak. Sirsak (atau nangka belanda atau durian belanda) adalah tumbuhan berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Benih sirsak pertama kali dibawa oleh bangsa Belanda ke Indonesia. Tumbuhan sirsak ini sangatlah mudah ditemukan di Indonesia dan tidaklah sulit. Tanaman ini memang banyak menawarkan berbagai kandungan positif bagi kesehatan manusia. Tapi ternyata pemanfaatannya hanya sebatas pada buahnya saja, ini karena kurangnya pengetahuan tentang manfaat daun sirsak.

Tahukah Keistimewaan tanaman ini adalah dari daun sirsaknya?

Banyak manfaat yang didapat dari daun sirsak bagi kesehatan tubuh, untuk mengobati penyakit dari yang ringan hingga penyakit berat, bahkan dapat digunakan pula untuk kecantikan. Menurut penelitian daun sirsak 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker.

Berdasarkan 20 tes laboratorium tentang manfaat daun sirsak hasilnya pun sangat hebat, khasiat daun sirsak dapat menyerang sel-sel kanker secara efektif dan membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, protat, paru-paru dan kanker pankreas. Dan masih banyak lagi khasiatnya.

Macam-macam manfaat dan khasiat daun sirsak untuk kesehatan antara lain dapat :
  1. Menyerang sel-sel kanker secara efektif dan membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker ( termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas)
  2. Membantu menghambat pertumbuhan tumor
  3. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi
  5. Membantu menyehatkan jantung
  6. Membunuh cacing parasit dan bakteri dalam tubuh
  7. Menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan
  8. Melebarkan pembuluh darah
  9. Membantu meredakan nyeri dan merileksasi otot
  10. Meningkatkan produksi asi bagi ibu hamil
  11. Mencegah dan menyembuhkan asam urat
  12. Membantu menekan peradangan dalam tubuh (radang tenggrokan,radang usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes)
  13. Menguatkan saraf
  14. Menghambat mutasi gen
  15. Menurunkan demam
  16. Bagi pria daun sirsak dapat menambah jumlah dan meperkuat sperma
  17. Meningkatkan kekebalan tubuh
  18. Membantu menghambat perkembangan virus dalam tubuh
Bagaimana cara menggunakan daun sirsak untuk pengobatan?

Jaman sekarang sudah banyak tersedia obat atau kapsul yang telah dikemas sebagai ekstrak daun sirsak. Anda dapat mendapatkannya pada agen-agen khusus ataupun mencari diapotik di tempat terdekat Anda. Tapi bagi Anda yang memiliki pohon sirsak dapat menyajikan sendiri dirumah dengan lebih tradisional dan Anda juga dapat menghemat kantong Anda, caranya sangat mudah dan lebih baik.

Cara menyajikannya yaitu dengan:

1. Siapkan 10 lembar daun sirsak yang telah tua (berwarna hijau tua/hijau pekat), dicuci terlebih dahulu

2. Siapkan 3 gelas air (600 cc)

Rebuslah daun sirsak itu terus hingga menguap dan airnya kurang lebih 1-1,5 gelas saja. Kemudian air ini saringlah,untuk mendapatkan sari airnya lebih bersih (bila perlu). Minumlah ke penderita atau bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiatnya dengan rutin setiap hari 2 kali, pagi dan sore. Untuk mengetahui perkembangannya, Anda lebih baik memeriksakan atau berkonsultasi dengan dokter.

Hasil dari khasiat/manfaat air rebusan daun sirsak ini tidak dapat langsung seketika menunjukkan hasilnya, karena ini obat herbal jadi butuh waktu. Lakukanlah dengan rutin 3-4 minggu dan lihat perubahan hasilnya. Efek dari air rebusan daun sirsak ini yaitu perut akan terasa hangat/panas, lalu badan berkeringat terus menerus, bahkan ada pula keluhan terasa ingin mual. Tapi tidak usah khawatir, ini hanya Anda belum terbiasa. Apabila dilakukan secara rutin, Anda akan terbiasa. Jika Anda merasa tidak yakin, Anda dapat mengkonsultasikan kepada dokter Anda.

DAUN SIRSAK DAN DIABETES

Manfaat daun sirsak untuk diabetes berikut ini merupakan salah satu alternatif cara pengobatan secara alami yang bisa Anda coba. Manfaat daun sirsak memang sangat baik untuk kesehatan dan sangat beragam, namun kali ini kita akan membahasnya untuk masalah penyakit diabetes. Diabetes atau yang biasa disebut kencing manis merupakan penyakit dimana tubuh mengalami kenaikan gula darah disebabkan karena insulin atau hormon pengatur gula darah yang dihasilkan tidak mencukupi sehingga tidak dapat mengatur dan mengontrol dengan baik.




Penyakit diabetes dapat menyerang kepada siapa saja, namun bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga diabetes mempunyai kemungkinan lebih besar terkena penyakit tersebut. Selain faktor keluarga, masih ada beberapa faktor lain yang dapat beresiko terkena diabetes yaitu mereka yang mengalami kegemukan, mempunyai kolesterol tinggi karena pola makan yang tidak baik, hipertensi dan jarang melakukan aktifitas fisik. Apalagi bagi mereka yang sudah berusia 40 tahun keatas dan memiliki masalah kegemukan, maka sangat beresiko sekali terkena diabetes. Berikut ini gejala umum yang sering terjadi pada penderita diabetes tahap awal:

  1. Haus dan banyak minum
  2. Lapar dan banyak makan
  3. Sering kencing
  4. Berat badan menurun
  5. Mata kabur
  6. Luka lama sembuh
  7. Mudah terjadi infeksi pada kulit (seperti gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
  8. Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
  9. Badan terasa lemah
  10. Mudah mengantuk
Jika Anda mengalami gejala diatas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah Anda mengidap penyakit diabetes atau tidak.

Lantas apa hubungan diabetes dengan daun sirsak? Daun sirsak dipercaya mampu menjaga atau menurunkan kadar gula dalam darah pada batas normal. Hingga kini para ilmuan sedang melakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun sirsak tersebut karena penemuan tersebut masih terbilang baru dan belum teruji secara klinis. Lewat percobaan pada seekor tikus, peneliti menemukan bahwa ekstrak daun sirsak dapat memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang bertugas untuk memproduksi inlusin.

Semoga saja terdapat penelitian lebih lanjut yang dapat mengatasi penyakit diabetes secara ampuh. Ini merupakan harapan besar bagi seluruh penderita diabetes diseluruh dunia. Mereka sangat mengharapkan manfaat daun sirsak untuk diabetes dapat benar-benar teruji dan dapat mengatasi penyakit tersebut secara maksimal.

Saya yakin anda tahu daun sirsak. Saya juga tahu. Daun sirsak adalah daun yang bentuknya agak lonjong membentuk persegi panjang. Kalau saya, jujur, tidak suka sama baunya yang menusuk dan seperti membuat perut mual. Tapi dulu saya tahu, ibu saya sering memborehkan ke perut saya ketika perut kembung disertai sakit melilit. Saya ingat ibuku mencampurnya dengan minyak tanah lalu dioleskan ke perutku. Alhasil, apa yang terjadi ? Tak selang beberapa menit "angin" puting beliung keluar dari perutku dan membuat bau wangi khas di seluruh ruangan. Dalam hitungan menit pulsa perutku yang kembung sirna. Alhamdulillah.

Ternyata eh ternyata para ahli telah melakukan penelitian untuk membuktikan benar tidanya khasiat dari daun sirsak. Hasil dari peneltian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa di dalam daun sirsak terkandung berbagai senyawa lemak, protein, kalsium, vitamin A dan B dan beberapa manfaat lain yang tak terhitung. Dan dari penelitian tersebut diperoleh keyakinan bahwa ektrak daun sirsak bisa menjadi salah satu obat diabetes alami yang sangat mujarab.

Daun Sirsak Bermanfaat Menstabilkan Kadar Gula

Anda harus tahu bahwa Limit kadar gula yang normal adalah di kisaran 70 mg hingga 120 mg/dL. Daun sirsak bermanfaat dapat mengurangi dan menstabilkan kadar gula darah pada kisaran normal. Maka, para ahli merekomendasikan jika daun sirsak sangat baik bagi anda yang sedang menderita penyakit diabetes.

Seperti anda tahu sebelumnya bahwa di dalam daun sirsak banyak terkandung senyawa lemak, protein, kalsium, vitamin A dan B dll. Akan tetapi, para ahli yang melakukan penelitian tersebut menemukan senyawa baru pada Annonaceae asetogenin yang bermanfaat bagi penderita kanker.

Manfaat Daun Sirsak Bagi penderita diabetes

Seorang ahli kesehatan menyatakan bahwa manfaat daun sirsak untuk penderita diabetes masih belum teruji secara klinis. Jadi penelitian tersebut masih tergolong baru dan masih harus dilakukan uji coba lebih lanjut. Tetapi dalam banyak penelitian secara medis berhasil menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat meningkatkan fungsi dari sel beta pankreas yang menghasilkan fungsi insulin. Maka karena itu penelitian ini memberikan satu harapan baik bagi para penderita diabetes di Indonesia yang kini jumlahnya sudah mencapai angka 21,3 juta orang. ita berdoa mudah-mudahan saja pra ilmuan mampu mengembangkan hasil penelitiannya ini. Harapan kita adalah semakin berkurangnya jumlah penderita diabetes dari tahun ke tahun.

Manfaat Sirsak Untuk Asam Urat

Ini saya dapatkan dari pengalaman seorang teman ( kepala Madrasah ) yang pernah mengalami asam urat hingga kakinya bengkak dan tidak bisa berjalan sama sekali. Bahkan tidak hanya asam urat yang ia derita, tapi juga ada gejala stroke. Yang ia lakukan untuk mengobati penyakitnya adalah berobat ke dokter. Tapi sebentar sembuh dan sebentar kambuh lagi dan harus minum obat terus untuk mengobatinya. Sampai menurutnya ia telah ketagihan obat-obat dari dari dokter rumah sakit.

Akhirnya, di samping berobat ke dokter, ia juga mencari solusi yang lain. Yaitu menggunakan cara alami atau Obat Alami. Di antaranya ia menemukan tips mengurangi asam uratnya dengan mengkonsumsi daun sirsak. Ia berbagi pengalamannya pada saya ( saya juga ada asam urat ). Caranya : ambil daun sirsak sebanyak 11 atau 13 atau 15. Pokoknya ganjil dan lebih dari 10. Kemudian daun sirsak yang telah dipetik direbus ke dalam 3 gelas air. Rebus dan rebus hingga tinggal 1 gelas air. Minum secara rutin setiap hari. Jika asam urat parah 2 kali sehari pagi dan sore ( bisa malam sebelum tidur ). Kata teman saya yang terkena asam urat tersebut, setelah rutin menum setiap hari selama 15 hari, asam uratnya hilang. Dan kini ia bisa berjalan dengan gagahnya.

Daun sirsak sangat banyak manfaatnya. Kita sebagai manusia wajib bersyukur kepada Allah SWT karena telah menciptakan pohon yang ternyata mengandung khasiat obat. Semoga info sehat kali akan bermanfaat untuk anda. Dan selamat menjalankan aktivitas dengan sehat, gembira dan penuh semangat.

Apa Efek Samping Mengkonsumsi Obat Herbal Daun Sirsak?

Meskipun konsumsi daun ini dalam jumlah tertentu bisa menimbulkan efek samping jangka pendek, anda tidak perlu khawatir karena hal ini normal dan tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Umumnya, efek samping yang muncul adalah suhu tubuh meningkat dan menggigil pada 2 hari pertama. Ini disebabkan oleh penghancuran energi yang sangat besar yakni Adenosin Trifosfat(ATP).

Untuk mengatasi peningkatan suhu tubuh anda bisa menggunakan rebusan akar alang-alang. Apabila anda ingin memperoleh khasiat daun sirsak dengan konsumsi jangka panjang, sebaiknya dipadukan dengan adas, jinten atau daun sembung. Ketiga bahan alami tersebut berkhasiat sebagai peluruh kencing sehingga mencegah pembentukan kristal di ginjal.

Bagaimana Cara Membuat Obat Herbal Daun Sirsak?

Obat tradisional penyakit kanker

Resep daun sirsak sebagai obat kanker menggunakan dosis 7, 10, 15, 17, 21, atau 31 lembar tergantung dari parah tidaknya (stadium) kanker sera kondisi pasien. Jika kondisi penderita kanker lemah kemudian mengkonsumsi ramuan daun dalam dosis tinggi misal 15 lembar dan menimbulkan efek samping sesak nafas, dosis diturunkan menjadi 7 atau 10 lembar.

Cara membuat ramuan obat :

Rebus daun sesuai stadium kanker pasien, tambahkan 4 gelas air bersih, sepucuk sendok teh garam dan 5 lembar daun sirih. Tunggu hingga tersisa 3 gelas air rebusan daun sirsak. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari.

Mengobati tekanan darah tinggi

Manfaat lain daun ini adalah untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi dengan cara meminum air rebusan secara teratur sampai tekanan darah menurun.

Bahan-bahan :
  1. 10 lembar daun tanaman sirsak
  2. Daun salam secukupnya
  3. 4 gelas air
  4. Sedikit garam
  5. Madu asli jika ada
  6. Rambut jagung manis muda
Cara membuat obat herbal hipertensi :

Rebus daun sirsak bersama daun salam dan 4 gelas air. Tambahkan garam dan madu kemudian tunggu hingga tersisa 2 – 3 gelas air. Atau bisa juga dengan merebus daun sirsak dengan rambut jagung manis yang masih muda. Minum ramuan tersebut 2 – 3 kali sehari sampai tekanan darah turun.

Mengobati stroke ringan

Kegunaan tanaman sirsak selanjutnya adalah melancarkan aliran darah pada penderita stroke ringan (belum parah).

Bahan-bahan :
  1. 10 – 21 lembar daun sirsak
  2. Tanaman sirih bumi (lihat gambar di atas)
  3. 5 gelas air
  4. Garam dapur
  5. Cara membuat obat stroke ringan :
  6. Ambil daun tanaman sirsak kemudian rebus bersama 5 tanaman sirih bumi dalam 5 gelas air. Tunggu sampai tersisa 3 gelas air rebusan. Minum ramuan obat tersebut dalam sehari.
Mengurangi kadar kolesterol

Daun sirsak juga memiliki kegunaan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah agar menjadi normal. Caranya dengan merebus 3 – 5 lembar daun dalam 3 gelas air. Angkat dan saring setelah tersisa 1 gelas kemudian minum secara rutin setiap hari selama sebulan.
Ramuan tradisional anti kejang
Kandungan zat alami di dalam tanaman sirsak mempunyai kegunaan untuk mengobati kejang yang menyerang tubuh.

Bahan-bahan :
  1. 7 lembar daun sirsak
  2. Gula aren secukupnya
  3. Garam secukupnya
  4. Rebus daun dalam 3 gelas air bersih kemudian setelah tersisa 1 gelas, saring airnya. Tambahkan gula aren dan garam untuk diminum setengah gelas setiap pagi dan sore hari.
Manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh terbukti mampu mengobati berbagai jenis penyakit secara alami. Perhatikan juga efek samping penggunaan ramuan tradisional berbahan dasar daun tanaman sirsak dalam jangka pendek maupun jangka panjang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar