Minggu, 23 Oktober 2011

MANFAAT SIRSAK

Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak atau yang kadang lebih di kenal dengan Durian Belanda atau kadang juga biasa di sebut juga dengan Nangka Sebrang ini memiliki Nama Latin Annona muricata L yang berasal dari Karibia Amerika Tengah dan Juga Amerika selatan, Hayoo pasti banyak yang menerka jika Buah sirsak berasal dari belanda,hehe. Ya gak la Pohon sirsak kalau kena salju langsung mati. Hal ini di Karena kan bentuk buahnya yang seperti Durian dan juga Buah sirsak ini Dahulu pertama kali bisa berkembang berkat Orang-orang Belanda yang membawa dari Benua amerika ke Indonesia.Nah itu sekelumit dari Sejarah Dari buah sirsak ini.


Dewasa ini buah Sirsak semakin Populer terlebih ketika tumbuhan ini ternyata sangat bermanfaat sekali untuk Kesehatan tubuh manusia, sehingga banyak orang yang menjadikan tanaman ini sebagai Obat herbal. Di dalam daun sirsak terkandung annonaceous acetorenins yakni semacam zat anti kanker, anti oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan beberapa zat lainya yakni Saponin, polifenol, dan bioflavonoid yang tentunya sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Daun Sirsak Sebagai Anti Kanker
  1. Siapkan bahan (daun sirsak) sekitar 10 helai, pilih daun yang sudah tua ya.
  2. Bersihkan daun sirsak yang sudah kita siapkan menggunakan air bersih.
  3. Masukkan daun sirsak kedalam panci yang sudah diisi air sekitar 3 gelas
  4. Lalu rebus daun di kompor sampai mendidih dan hanya tersisa satu gelas saja airnya
  5. Dinginkan air rebusan, dan konsumsi rutin perhari dua kali, pagi dan sore hari.
  6. Lakukan cara ini sampai minimal 1 minggu dan liat hasilnya perubahannya, untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini sampai kanker anda sembuh.
Khasiat Daun Sirsak Untuk Rematik Dan Eksim
  1. Siapkan secukupnya daun sirsak yang sudah tua
  2. Tumbuh daun hingga halus
  3. Tempelkan daun yang sudah ditumbuk halus kebagian yang terasa sakit rematik, serta ke kulit yang yang memilki eksim,
  4. kerjakan cara ini minimal sehari 2 kali
  5. Untuk hasil yang maksimal kerjakan sampai sakit rematik anda sembuh.
Manfaat Buah Sirsak Untuk Imun Tubuh
  1. Siapkan daun sirsak tua sekitar 5 lembar
  2. Masukan kedalam panci yang berisi air 4 gelas
  3. Masak daun sampai benar-benar mendidih
  4. Diamkan dahulu hingga hanya tersisa satu gelas saja
  5. Dinginkan rebusan dan konsumsilah rutin sehari satu kali.
Sebenarnya masih ada banyak sekali manfaat Daun Sirsak ini untuk kesehatan tubuh manusia, namun untuk kali ini saya Rasa cukup sampai di sini dahulu, karena kita akan menyambungnya di Artikel yang akan datang, Jadi Kunjungi terus blog kami ini agar anda selalu update mengenai Info-info seputar Manfaat Tumbuhan dan Buah.

Manfaat Dan Khasiat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak - Adalah kelanjutan dari artikel yang sebelumnya telah kita bahas yang masih tentang Sirsak ini Yakni di artikel Khasiat Daun Sirsak untuk Kesehatan, jika anda belum membacanya silahkan klik saja linknya, jika sudah hari ini kita akan membahas mengenai Manfaat Buah Sirsak atau buah yang kadang di kenal dengan nama Durian Belanda Atau Nangka Sebrang ini memiliki nama Latin Annona muricata L yang berasal dari Amerika Tengah dan Juga Amerika Selatan tepatnya di Karibia. Seperti sebelumnya Daun Sirsak memiliki banyak sekali manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia begitu pula Buah dari Durian Belanda ini juga banyak sekali manfaat yang berguna untuk Tubuh.


Nah bagi yang penasaran dengan Kandungan buah sirsak yang berguna untuk kesehatan maka mari langsung saja kita mencoba melihat langsung di bawah ini.

Jangan sekali-kali meremehkan buah sirsak. Meski selama ini hanya dikonsumsi dalam bentuk jus, tapi manfaat sirsak sangat luar biasa. Dari penelitian para ilmuwan, sirsak sangat bagus untuk menjaga serta mengatasi gangguan kesehatan. Seperti gangguan jantung, liver, asma, arthritis dan paling mencengangkan sirsak bisa mengatasi berbagai jenis kanker.

Antikanker

  1. Bagian tanaman sirsak, termasuk daun dan buah, mengandung senyawa yang cukup bernilai, seperti fruktosa, lemak, protein, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B. Metabolit sekunder yang terkandung di dalamnya adalah senyawa golongan tanin, fitosterol dan alkaloida.
  2. Sebuah senyawa yang menarik perhatian peneliti adalah asetogenin. Ini adalah senyawa yang spesifik terkandung dalam tanaman suku Annonaceae, yang khasiatnya erat berkaitan dengan aktivitas anti tumor, anti bakteri dan insektisida.
  3. Dari penelitian, asetogenin yang terkandung di dalam sirsak bisa dipakai untuk menghantam sel kanker usus, pankreas, ovarium, usus besar, payudara, liver, serviks.
  4. Sebuah penelitian lain dengan hewan percobaan memang membuktikan terdapatnya aktivitas antioksidan dari senyawa kandungan sirsak. Kalau memang benar, maka tentu khasiat anti kanker salah satunya berkaitan dengan kemampuan senyawa untuk melindungi sel tubuh yang sehat dari kerusakan yang memicu serangan kanker.
  5. Dalam sistem pengobatan tradisional India Ayurveda, sirsak mempunyai reputasi yang hebat sebagai antikanker. Dukungan hasil penelitian membuktikan, daun tanaman ini mengandung senyawa asetogenin bernama bullatasin dari buah tanaman Annona lain, yaitu Annona atemoya.. Senyawa ini ternyata dapat menginduksi apoptosis. Senyawa asetogenin lain, yaitu murisin, murikatetrosin, longifolisin, korossolin dan korossolan terbukti memberikan hasil positip sebagai sitotoksik terhadap sel tumor.
Mengatasi diabetes

  1. Salah satu pemakaian yang menarik perhatian peneliti adalah untuk mengendalikan kenaikan kadar gula darah alias diabetes. Jenis penelitian untuk membuktikan khasiat sebagai anti diabetes ini cukup bervariasi sehingga mekanisme kerjanya secara perlahan mulai dapat diungkapkan.
  2. Sebuah penelitian yang dilakukan untuk membuktikan mekanisme kerja antidiabetes ekstrak daun sirsak membuktikan terdapatnya regenerasi sel islet pada kelenjar pankreas hewan percobaan tikus. Hasil itu memberikan harapan, pemakaian ekstrak daun dapat memperbaiki fungsi kelenjar sebagai penghasil insulin yang diperlukan penderita diabetes.
Pengolahan dan Pemakaian

  1. Cara sederhana untuk mengonsumsi buah sirsak adalah dengan menghaluskan buah yang sudah dikupas, buang bijinya dan saring dengan penambahan air sedikit demi sedikit. Hasil penyaringan selanjutnya dapat langsung dikonsumsi dengan sedikit penambahan madu untuk mengatasi rasa asam.
  2. Penambahan gula dan madu tidak disarankan pada pasien diabetes, karenanya harus berupaya untuk menyukai rasa asli buah sirsak. Bagi orang yang mengalami gangguan lambung, disarankan untuk mengisi perut terlebih dahulu untuk mencegah serangan penyakit.
  3. Wanita hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi rebusan daun sirsak, tetapi makan buah sirsak secukupnya tetap diperkenankan.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar