Rabu, 12 Oktober 2011

MAKANAN PENURUN GLUKOSA PADA DIABETS

Tingkat glukosa darah yang tinggi menyebabkan kondisi yang disebut diabetes atau gula darah tinggi. Mengabaikan kondisi serius dapat mempengaruhi fungsi tubuh. Jika kadar gula mencapai tingkat yang mengkhawatirkan, mereka langsung akan menyerang fungsi dan integritas dari organ-organ vital seperti mata, hati, otak ginjal, dll.Di sisi lain, kadar gula darah sangat rendah dapat menyebabkan hipoglikemia dan koma. Resiko kematian bisa terjadi jika tidak segera diobati. Pemantauan kebiasaan makan bersama dengan obat memainkan penting dalam pengendalian diabetes. Orang diabetes tidak selalu harus kelaparan dari makanan yang kaya gula. Bahkan, beberapa jumlah gula sangat penting untuk menjaga sel-sel kita dan jaringan berfungsi. Glukosa bertindak seperti booster energi dan diperlukan untuk kegiatan setiap sel dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan harus pada waktu yang tepat dengan cara yang sangat sistematis akan membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. kebiasaan makan yang tidak teratur akan menyebabkan kerusakan pada metabolisme tubuh.

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran mentah yang diperlukan. Makanan ini kaya serat, sebuah konstituen yang membantu dalam rilis lambat dan terkendalinya gula ke dalam aliran darah. Dianjurkan untuk menghindari makanan yang sangat halus seperti tepung terigu, roti item yang secara alami kaya akan gula, gula pekat buah-buahan seperti pisang, mangga, dll. 

Setelah makan makanan kaya karbohidrat kompleks seperti tepung gandum, gandum dan dedak padi bersama dengan makanan yang kaya protein adalah resep yang sempurna untuk menjaga kadar gula. Daging ayam dan ikan merupakan sumber protein yang baik. Vitamin C buah-buahan kaya seperti jeruk, lemon, dll juga berguna. 

Makanan Penurun Gula Darah

Makanan Penurun Gula Darah - Seseorang yang hobi makan makanan yang manis dan minum minuman yang manis harus segera mengurangi kadar gula yang mereka konsumsi. Ingat anda adalah termasuk calon-calon penderita diabetes. Jangan sampai anda terlambat untuk menyadari bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mempunyai kadar gula yang tinggi sangat beresiko menderita diabetes. Oleh karena itu pencegahan sanga diperlukan sebelum anda terlambat. Segera periksakan kadar gula dalam darah anda ke dokter. Jika memang kadar gula dalam darah anda sudah terlanjur tinggi anda harus segera mengurangi konsumsi gula. Tidak hanya itu, anda juga harus mengurangi kadar gula anda. Ada beberapa makanan yang dapat membantu anda untuk mengurangi kadar gula anda. Berikut ini adalah makanan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah :


Makanan penurun gula darah


1. Labu pahit (Karela)

Jika Anda memiliki anggota keluarga menderita diabetes, sudah saatnya untuk menyiapkan karela di meja makan. Sayuran ini sangat bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kencing manis. Tetapi jangan menggabungkan makanan ini dengan obat penurun gula darah, karena bisa membuat gula darah Anda turun drastis.

2. Gandum

Cobalah untuk memasukkan lebih banyak produk gandum dalam daftar makanan Anda. Disamping mengandung banyak vitamin esensial, mineral, dan serat, gandum juga mengandung karbohidrat kompleks yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Karbohidrat kompleks diserap lebih lambat ketimbang karbohidrat sederhana, sehingga kadar gula darah tetap stabil.

3. Apel 

Kandungan pektin tinggi dalam buah ini dipercaya membantu menurunkan kebutuhan insulin tubuh. Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi setidaknya satu apel sehari 28 persen lebih kecil menderita diabetes tipe 2 ketimbang mereka yang tidak makan apel.

4. Kacang

Serat larut yang tinggi dalam kacang tidak hanya bermanfaat untuk sistem pencernaan dan jantung, tetapi juga menyimpan gula darah setelah makan. Jika Anda mengalami resistensi insulin, hipoglikemia atau diabetes, kacang benar-benar dapat membantu Anda menyeimbangkan kadar gula darah.

5. Kayu manis 

Bahan paling aktif yang terkandung dalam kayu manis adalah methylhydroxy-chalcone polimer (MHCP) yang meniru efek insulin, dan bekerja sinergis dengan insulin dalam sel. Namun penelitian sejauh ini baru melibatkan sejumlah kecil orang dan belum dieksplorasi manfaat jangka panjang dari kayu manis.

6. Ikan 

Ikan (seperti salmon dan tuna) merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega-3 - lemak sehat yang mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, dan meningkatkan resistensi insulin.

7. Cabai 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, para peneliti Australia menemukan bahwa memasukan cabai dalam bagian rutin diet setiap hari akan membantu menurunkan gula darah setelah menyantap makan. Selain itu, cabai juga mengandung antioksidan, vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu meningkatkan regulasi insulin.

8. Fenugreek

Fenugreek, selain mengandung banyak serat yang sangat penting bagi penderita diabetes, dapat menurunkan resistensi insulin dan mengontrol kadar glukosa darah dengan meningkatkan jumlah reseptor insulin dalam sel darah merah.

9. Brokoli

Brokoli adalah sumber terbaik dari kromium - mineral yang membantu mengatur insulin dan gula darah. Akan lebih protektif bila dimakan mentah atau dimasak sebentar.

10. Bawang putih

Bawang putih memiliki bahan-bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Apabila dikombinasikan dengan flavonoid maka akan memainkan peran penting dalam menurunkan kadar glukosa. Allicin dapat digabungan dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepaskan insulin.

11. Kedelai 

Kedelai memiliki sedikit kandungan pati tetapi jumlah serat dan protein yang tinggi dapat memberikan sebuah efek yang berharga dalam menurunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

12. Labu Kuning

Labu kuning lebih dikenal dengan sebutan labu atau waluh merupakan asli indonesia. Labu kuning mengandung karotenid ataubeta karoten,vitamin A dan C, mineral , lemak, serta karbohidrat. Adanya beta karoten labu kuning biasa digunakan untuk mencegah penyakit degeneratif, seperti diabetes dan jantung koroner.

13; Labu Bligo

labu bligo mempunyai penampilan yang unik. Sayuran yang satu ini kaya zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin C dan serat yang tinggi dalam labu bligo dapat mencegah terjadinya peradangan pemicu penyakit diabetes melitus.

14. Buncis

Sayuran yang enak dinikmati sebagai lalapan ini juga berkhasiat mencegah dan mengobati diabetes. Zat dalam buncis yang sangat berperasn dalam mencegah dan mengobati diabetes adalah B-sitosterol dan stigmasterol. Dengan bantuan kedua zat ini pankreas dapat terangsang untuk memproduksi insulin.

15. Ashitaba

Ashitaba merupakan tanaman asli jepang yang dikenal sebagai raja sayuran. Konon cerita orang jepang merupakan tanaman untuk panjang umur dan dicari cari oleh kaisar pertama cina dari dinasti Chin. Kandungan beta karoten ashitaba lebih tinggi dari sayuran yang lain.

16. Bayam merah

daun bayam merah kaya dengan nutrisi salah satunya zat besi yang diperlukan tubuh untuk merangsang pembentlukan sel sel darah merah. Dengan kandungan serat yang tinggi dapat menurunkan kolesterol dan gula darah , melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah yang berlebihan.

17. Cabai

Mengonsumsi cabai merah dapat berkhasiat sebagai tonik, stimulan kuat untuk jantung dan aliran darah. Mengatasi diabetes skomakik. Dan untuk caberawit berkhasiat mengurangi penggumpalan darah, menurunkan kadar kolesterol.


Buah-Buahan Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

banyak pula buah yang cukup aman dimakan penderita diabetes. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

1. Alpukat. 

Buah ini aman dikonsumsi penderita diabetes. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang dimilikinya akan meningkatkan sensitivitas insulin untuk memetabolisme gula darah. Selain itu, alpukat dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

2. Apel. 

Buah apel mengandung serat larut yang kaya dengan pektin. Serat ini berguna dalam mengontrol gula darah.
3. Pir. Buah pir juga salah satu buah yang kaya serat sebagai pengontrol gula darah. Kabar baiknya, pir rendah karbohidrat dan kalori, sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

4. Jeruk. 

Buah kaya antioksidan ini memiliki peran sebagai perangsang sensitivitas insulin sehingga mencegah diabets tipe-2. Jeruk juga menyerap radikal bebas dalam tubuh dan memiliki serat larut yang mengontrol gula darah tubuh.

5. Grapefruit. 

Bagi orang yang sedang diet, makan buah ini baik untuk menurunkan berat badan. Antioksidannya membantu mengatasi diabetes tipe-2.

6.Stroberi. 

Kandungan yang ada dalam stroberi aman dimakan penderita diabetes. Zat dalam stroberi juga baik untuk kesehatan tubuh pada umumnya.

7. Semangka. 

Buah kaya air ini mengandung antioksidan lycopene yang juga ada pada tomat. Lycopene membantu untuk mengurangi kadar glukosa darah. Mitos bahwa semangka berbahay bagi penderita diabetes hanyalah mitos.

8. Pepaya. 
Selain baik sebagai pencahar, pepaya memiliki sifat yang mengontrol gula darah dalam darah. Enzim dalam pepaya membantu mengatasi diabetes dan radikal bebas yang berbahaya. Pepaya juga bagus untuk menvegah penyakit jantung.

9. Persik. 

Buah persik memiliki kadar indeks glikemik rendah. Serat yang dimilikinya cukup tinggi dan mempunyai antioksidan. Vitamin di dalamnya banyak. Sehingga, buah ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

10. Jambu biji. 

Buah ini banyak ditemukan di Indonesia. Jambu biji kerap dipakai untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare. Vitamin C dalam buah ini cukup tinggi. Seratnya banyak dan memiliki indeks glikemik rendah. Mengonsumsi jambu biji akan mengontrol gula dalam darah.

11. Ceri. 

Di balik manisnya ceri, didapati indeks glimeks-nya rendah. Ceri kaya dengan antioksidan dan vitamin yang berguna mengontrol gula darah.

12. Buah ara.

Buah ini mengandung serat, kalium, kalsium, magnesium, besi, dan polifenol. Nutrsi tersebut baik untuk mencegah penyakit jantung dan diabetes.

13. Pisang. 

Pisang aman untuk penderita diabetes. Kandungan yang dimiliki pisan antara lain vitamin B6, vitamin C, kalium, dan serat. Buah ini berguna pula untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengontrol tekanan darah.

14. Blueberry. 

Meski bentuknya kecil, blueberry kaya dengan antioksidan, vitamin, dan nutrisi lain yang membantu mengontrol diabetes.

15. Plum. 

Buah ini direkomendasikan untuk mengontrol diabetes. Selain itu, plum dapat mengatasi sembelit dan meningkatkan kerja sistem pencernaan.

Itulah makanan - makanan yang dipercaya dapat mambantu anda untuk menurunkan kadar gula anda. Segera rubah pola makan dan berolahragalah. Antisipasi lebih baik daripada anda menghabiskan waktu di rumash sakit. Semoga artikel ini bermanfaat.



Piramida Makanan Diabetes, Penyebab timbulnya penyakit diabetes karena terjadi gangguan metabolisme, dimana pemanfaatan karbohidrat terutama glukosa kurang optimal. Dengan kata lain diabetes terjadi karena terjadi gangguan metabolisme karbohidrat. Sedangkan karbohidrat dihasilkan dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi. Oleh sebab itu pasien diabetes sangat perlu mengetahui jenis-jenis makanan yang akan mereka konsumsi untuk menghindari terjadi peningkatan kadar gula darah yang tinggi.

American Diabetes Association (ADA) mengeluarkan sebuah panduan untuk membantu pasien diabetes memilih makanan sehari-hari mereka berdasarkan yang disebut dengan Piramida Makanan Diabetes. 

Di dalam Piramida Makanan Diabetes, makanan sehari-hari kita dibagi menjadi enam kategori umum. Keenam kategori tersebut dikelompokan berdasarkan pertimbangan kadar karbohidrat, protein dan lemak yang terdapat didalam makanan. 

Tujuan dasar dibuatnya piramida makanan diabetes adalah untuk membantu pasien diabetes membuat pilihan makanan yang tepat secara umum karena tidak memungkinkan membuatnya untuk masing-masin penderita diabetes. Lagi pula setiap penderita diabetes tidak memiliki pengetahuan tentang nilai gizi setiap makanan. 

Secara umum makanan dari dasar dan lapisan kedua dari piramida makanan diabetes bisa dikonsumsi secara bebas dengan pembatasan dari lapisan yang lebih tinggi dari piramida makanan diabetes. 

Semakin tinggi kelompok makanan yang terdapat di dalam piramida makanan diabetes, semakin sedikit kelompok makanan tersebut dapat dikonsumsi atau dihindari oleh seorang pasien diabetes. 


Adapun piramida makanan diabetes yang membagi makanan sehari-hari menjadi 6 kelompok adalah sebagai berikut: 

Biji-bijian dan Tepung (kelompok 1):

Makanan yang terbuat dari biji-bijian dan tepung terdapat di dasar piramida makanan diabetes. Kelompok makanan biji-bijian dan tepung yang banyak mengandung karbohidrat seperti beras, gandum, rye, gandum, jagung, kacang polong kentang, kacang pinto, dan makanan lainnya yang biasa menggunakan biji-bijian masuk dalam kelompok ini. 

Sayuran (kelompok 2):

Kelompok makanan sayuran ini terletak tepat di atas dasar piramida makanan diabetes. Sayuran secara alami rendah dalam konten lemak, rendah kalori dan kaya vitamin, mineral, serat dan zat gizi mikro. 

Buah-buahan (kelompok 3):

Kelompok buah-buahan ini juga terletak tepat di atas dasar piramida makanan diabetes bersama dengan kelompok sayuran. Buah-buahan kaya akan vitamin, mineral, serat dan juga karbohidrat. 

Susu (kelompok 4):

Kelompok ini berada di atas lapisan kedua (sayuran dan buah) dari piramida makanan diabetes. Kelompok susu mengandung banyak protein dan kalsium serta vitamin banyak. Dari kategori susu pasien diabetes harus memilih produk susu dengan kadar lemak rendah. 

Daging, Pengganti Daging dan Protein Lainnya (kelompok 5):

Kelompok ini bersama kelompok susu dalam piramida makanan diabetes mengandung protein dalam jumlah yang sangat tinggi dan mengandung vitamin serta mineral sangat banyak. 

Lemak, Minyak, Manis dan Alkohol (kelompok 6):

Kelompok makanan ini terdapat di puncak piramida makanan diabetes, yang menandakan bahwa kelompok makanan hanya boleh dikonmsi sedikit oleh penderita diabetes dan sebaiknya dihindari. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar