Jumat, 18 November 2011

CINCAU DAN MANFAATNYA

Daun Cincau Perdu dan Manfaatnya, kesannya saya itu seorang ahli cincau ya. Padahal YSalma hanyalah penggemar minuman cincau yang diolah jadi minuman dingin yang segar-segar. Apalagi kalau bulan puasa, setiap menu buka minuman segardicampur dengan cincau. Cincau yang dipakai buat campuran minuman, cincau beli jadi.



Beberapa tahun terakhir ini saya punya tanaman cincau perdu sendiri yang ditanam di dalam pot. Awal nanamnya terinspirasi dari teman yang punya tanaman cincau perdu dihalaman rumahnya. Dan selalu di olah untuk diminum rutin oleh kedua orangtuanya yang mengidap penyakit darah tinggi, bapaknya juga malah mengidap penyakit jantung. Beliau seperti menikmati olahan daun cincau perdu ini, apa karena di hidangkan dengan penuh cinta oleh anaknya?

Saya yang pecinta pemanfaatan tanaman alami untuk pengobatan dalam kehidupan sehari-hari, memperkenalkan daun cincau perdu ini ke keluarga. Almarhum bapak suka meminum perasan daun cincau perdu ini untuk menghilangkan sariawan dan panas dalam yang sering beliau alami.

Dan junior juga suka dengan catatan harus ditambahi sesendok teh gula, dinginkan di kulkas, baru diminum setelah pulang sekolah, segar dan sehat.

Daun Cincau perdu (Melasthoma Polyanthum) adalah sejenis tanaman perdu, daunnya bila diolah dengan cara perendaman akan berbentuk gel atau agar-agar.

Gel atau agar-agar ini bisa terbentuk karena tanaman ini mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Kata Cincau sendiri berasal lafal orang Thionghoa Asia Tenggara dengan dialek Hokkian Sienchau (xiancau).

Daun Cincau Perdu dan Manfaatnya :

Untuk mendapatkan segelas cincau seperti photo diatas, ambil 7 lembar daun cincau perdu, cuci bersih, buang tangkai daunnya. Tarok di wadah kaca, siram dengan setengah gelas air panas, setelah agak layu, tambahkan setengah gelas air matang dingin, remas-remas sampai gelnya tercampur air, buang ampasnya, saring, bisa langsung di minum. Tips lain ; bisa menambahkan sedikit gula, jeruk nipis, diamkan di kulkas, setelah dingin dan mengental baru di nikmati. Kalau sudah jadi cincau (gel) bisa juga ditambahkan santan, susu, es batu, sesuai selera masing-masing untuk menikmatinya.

Cincau merupakan jenis gel nabati yang mempunyai kandungan karbohidrat/serat tinggi, biasa digunakan sebagai bahan minuman. Bahkan mungkin sudah ada yang sangat menyukai minuman ini. Sebenarnya ada banyak jenis cincau,tapi mungkin yang sering kita temui dan dipasarkan secara komersial adalah cincau hitam. Hal ini kemungkinan karena cara pembuatan dapat discale up sampai tingkat industri besar, kemampuan membentuk gel cukup stabil, dan dapat bertahan lama.

Beberapa tanaman yang dapat dijadikan gel cincau adalah cincau hitam, cincau perdu, cincau hijau, dan cincau minyak.

Cincau hitam terbukti sudah diproduksi secara komerisal, banyak produk yang sudah terpajang di toko2. Teknologi yang digunakan juga sudah merupakan teknologi mutakhir dalam industri minuman, yaitu pengemasan kaleng.

Secara umum manfaat cincau adalah sebagai ‘penyejuk perut’, hal ini karena dalam bentuk gel cincau akan mudah dicerna sehingga mencegah perut kembung atau keadaan abdoment discomfort. Jadi selain segar diminum, manfaatnya juga nggak main-main kan….

Sebenarnya bagi yang pengin selalu menikmati minuman segar ini setiap saat, jenis cincau hijau sangat cocok ditanam di pekarangan rumah. Jenis cincau ini dapat dibuat minuman segar hanya dengan mengambil beberapa lembar daunnya, waktu membuatnya pun tidak terlalu lama.

Ini tamanan cincau yang baru saja diremajakan. Kebetulan ada di pekarangan orangtua saya di Yogya. Tanaman ini sudah berumur sekitar 5 tahun. Pada saat itu memang sengaja dipangkas dahan-dahan yang sudah tua, biar nampak segar. Karena dahan tua tanaman ini biasanya mengering sehingga kurang sedap dipandang.

Karena hobi minum cincau hijau dan susah dapetin tanaman ini di Pontianak, bela-belain bawa bibit tanaman cincau ini untuk ditaman di rumah lho.

perbanyakan tanaman cincau hijau dilakukan dengan umbinya lo, bukan dengan stek/potongan dahannya.

Cara pembuatan gel cincau hitam sangat mudah, gini nih…

Ambil 10-20 daun cincau yang sudah tua (warna hijau tua), cuci bersih, kemudian diremas-remas dalam air. Air yang digunakan adalah air matang karena proses pembuatan ini tidak menggunakan pemanasan. Jumlah air yang digunakan dikira-kira secukupnya saja, jangan terlalu banyak. Jika air terlalu banyak, gel yang dihasilkan lembek, kurang nyaman untuk campuran minuman.

Saat meremas akan terasa keluar lendir2 dari daun tersebut, lendir inilah yang akan menjadi gel. Jika air remasan sudah terasa mengental maka dapat dihentikan. Kemudian disaring untuk memisahhkan dengan sisa-sisa daun remasan. Tempatkan cairan dalam wadah bersih, kemudian didiamkan agar gel dapat mengental Penyimpanan dapat dilakukan di lemari es. Kurang lebih 3-4 jam akan terbentuk gel yang sudah dapat dikonsumsi.

Cara penyajian minuman cincau hijau biasanya dengan tambahan santan dan gula merah. Rebusan santan yang ditambah daun pandan, semakin menambah nikmat minuman ini. Bagi yang tidak suka santan, bisa kali dengan tambahan sirup aja….(belum pernah nyoba).

Manfaat Daun Cincau dan Kandungan Gizi

Manfaat dan khasiat daun cincau untuk kesehatan cukup banyak. Ada 2 jenis cincau yang bisa peroleh khasiatnya yakni yang pertama cincau hijau yang dibuat menggunakan tanaman Cyclea barbata, yang kedua adalah cincau hitam yang berasal dari tanaman Mesona palustris atau cincau perdu Premna serratifolia. Manfaat cincau ini biasanya dibuat sebagai es cincau. Manfaat dan Khasiat Daun Cincau Cincau banyak disukai disemua kalangan. Bahan cincau ini sangat tinggi kandungan mineralnya terutama kalsium dan fosfor. Saat ini Cincau sangat baik dikonsumsi untuk program diet anda dikarenakan rendah kalori tetapi mengandung tinggi serat. Cincau dipercaya dapat meredakan sakit panas dalam, sembelit, derita perut kembung, demam serta diare. Adapaun seratnya bermanfat dalam membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Daun Cincau :

Nama Bahan Makanan : Daun Cincau
Nama Lain / Alternatif : -
  1. Banyaknya Daun Cincau yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  2. Bagian Daun Cincau yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 40 %
  3. Jumlah Kandungan Energi Daun Cincau = 122 kkal
  4. Jumlah Kandungan Protein Daun Cincau = 6 gr
  5. Jumlah Kandungan Lemak Daun Cincau = 1 gr
  6. Jumlah Kandungan Karbohidrat Daun Cincau = 26 gr
  7. Jumlah Kandungan Kalsium Daun Cincau = 100 mg
  8. Jumlah Kandungan Fosfor Daun Cincau = 100 mg
  9. Jumlah Kandungan Zat Besi Daun Cincau = 3 mg
  10. Jumlah Kandungan Vitamin A Daun Cincau = 10750 IU
  11. Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daun Cincau = 80 mg
  12. Jumlah Kandungan Vitamin C Daun Cincau = 17 mg
  13. Khasiat / Manfaat Daun Cincau : - (Belum Tersedia)
  14. Huruf Awal Nama Bahan Makanan : D
  15. Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.
Manfaat dan khasiat Cincau bagi kesehatan adalah sebegai berikut:

Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati Sakit Perut dan Hipertensi Daun cincau secukupnya diremas-remas menggunakan air matang, lalu disaring serta dibiarkan beberapa saat sampai bentuknya menyerupai agar-agar, lalu ditambah santan kelapa juga pemanis dari gula kelapa. Cara penggunaanya yaitu dengan dimakan seperti biasa.
  1. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati Demam
  2. Akar cincau secukupnya diseduh dengan air panas kemudian disaring. Cara menggunakannya adalah seperti minum biasa. Menurut penelitian para ahli, tumbuhan ini mengandung zat sejenis karbohidrat yang akan menyerap banyak air, dengan demikian daunnya akan menjadi padat. Disamping kandungan zat karbohidrat , daun cincau juga mengandung zat lemak dan lain-lain. Adapun untuk daun cincau hijau banyak mengandung senyawa dimetil kurin-1 dimetoidida.
  3. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengendurkan otot
  4. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati tumor ganas,Senyawa lain seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas.
  5. Manfaat dan khasiat Cincau untuk mengobati kanker ginjal, antiradang, hipertensi
  6. Tanaman cincau memiliki kandungan alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tetandrin yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang serta menurunkan tekanan darah tinggi.
Khasiat daun Cincau lainnya yaitu menyejukkan perut, menurunkan panas, menanggulangi gangguan pencernaan, dan menekan kadar kolesterol. Tumbuhan dari genus Mesona, terutama M. procumbens, M. chinensis yang banyak diproduksi di Tiongkok bagian selatan serta Indocina, atau M. palustris yang banyak digunakan di Indonesia, menghasilkan cincau hitam. Cylea barbata Myers atau cincau hijau, menghasilkan cincau berwarna hijau dan agak lebih padat konsistensinya. Melasthoma polyanthum atau cincau perdu. Cylea barbata Myers atau cincau hijau lebih dikenal dan disukai di Indonesia karena memiliki struktur yang lebih kenyal dan lebih banyak manfaatnya.

Demikian Manfaat Daun Cincau dan Kandungan Gizi semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. bisa bantu dimana saya untuk mendapatkannya hp 0813 9695 8484

    BalasHapus