Senin, 05 Januari 2015

SEMUT JEPANG

Apakah Semut Jepang ? dan bagaimana ciri dan bentukya ?

Ini pertanyaan pertama yang membuat saya penasaran saat pertama kali mendengar semut jepang dari teman saya.  Dalam bahasa jepang semut disebut Ari yang secara harfiah mempunyai arti “serangga kesetiaan”. Seiring banyaknya pertanyaan mengenai semut jepang selama saya berjualan semut jepang. sebutan “semut jepang”  saya peroleh dari kawan saya yang memperoleh semut ini dari seorang pelajar dan dia mendapatkan dari pelajar itu 50ribu per ekor, dan pelajar itu memperoleh dari teman kuliahnya dijepang.

Berhubung sekarang banyak peternak dan penjual semut jepang harga yang saya jual hanya dikisaran 2000 per ekor, ini hanya untuk menutup biaya pemeliharaan dan agar orang bisa terbantu ( walaupun sebenarnya ingin juga sih harga bisa ke 50.000 per ekor he..he..he, yang pasti semut jepang yang saya jual ini diharapkan bisa membantu kebutuhan masyarakat Indonesia, karena saya harap sudah sangat murah, kalau minta lebih murah lagi saya kasihan dan tidak enak dengan penjual semut jepang lain yang menggantungkan nafkahnya dari penjualan semut jepang ini..(takutnya dianggap merusak harga pasaran semut jepang,..jadi mohon maaf sekali bapak/ibu

Kawan saya mengkonsumsi semut jepang ini awalnya untuk kebugaran, walaupun dia bilang bisa untuk pengobatan sakit diabetes, hypertensi, asam urat dan menurunkan kolesterol, dia memberi saya semut jepang ini awalnya 30 ekor karena melihat bapak saya sedang terapi stroke ( jalan sehat ) di komplek perumahan saya, tapi syukur alhamdulillah saat ini bapak saya sudah bisa berjalan dengan lebih cepat, Â di Indonesia hewan ini juga dikenal sebagai Bubuk Jawa dan di Malaysia hewan ini dikenal sebagai Kumbang Mekkah

Berdasarkan 2 hal di atas saya berusaha mencari tahu banyak tentang semut jepang ini

Awalnya yang saya amati yaitu penampilan semut jepang ini

Keunikan khas Semut jepang 
  • Semut jepang memiliki ciri atau tanda seperti:
  • Suka atau cepat berkembangbiak
  • Hidup berkoloni atau berkelompok
  • ruas badan lebih besar dari ruas kepala
  • Ukuran tubuh kecil hanya beberapa milimeter
  • Bukan tipe hewan pemakan daging/sesama
  • Memiliki sayap tapi tidak bisa terbang
  • Makanan ragi tape
  • Memiliki badan yang keras,
  • Memiliki kaki 6
Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). Â Morfologi semut cukup jelas dibandingkan dengan serangga lain yang juga memiliki antena, kelenjar metapleural, dan bagian perut kedua yang berhubungan ke tangkai semut membentuk pinggang, sempit (pedunkel) di antara mesosoma (bagian rongga dada dan daerah perut) dan metasoma (perut yang kurang abdominal segmen dalam petiole). Â Petiole yang dapat dibentuk oleh satu atau dua node (hanya yang kedua, atau yang kedua dan ketiga abdominal segmen ini bisa terwujud).

Ada kawan yang menjual semut jepang kerap menyebutkan jika semut jepang adalahPolyergus Samurai, semut polyergus samurai memang semut tapi bentuk tubuhnya sangat lain dengan visualisasi semut jepang yang saya tunjukkan tadi. berikut foto wajah polyergus samurai. Tampilannya lebih menyeramkan, akan tetapi lebih bagusnya tampilan semut jepang lebih nyaman dilihat daripada jenis polyergus samurai ini.


Di negara Jepang diketahui lebih dari 200 spesies semut jepang. Diantaranya yaitu spesies semut jepang, seperti: Lasius spathepus, Camponotus nipponicus, Polyrhachis latona, Crematogaster vagula, Ponera swezeyi, Aphaenogaster frontosa,Cryptopone sauteri, Ponera scabra, Aphaenogaster ruida, Aphaenogaster vapida.

Dari penghewan tersebut yang digaung-gaungkan sebagai semut jepang, ada terbesit keraguan atas sebutan semut jepang tersebut, karena dari ciri-ciri yang saya lihat sangat jauh berbeda dengan ciri-ciri semut pada umumnya atau golongan Hymenoptera. Terutama dari bentuk kepala dan badannya sangat berbeda sekali. sehingga saya penasaran untuk mencari nama ilmiah hewan tersebut. ya dengan mengandalkan google mesin pencari online, saya memulai dengan kata kunci semut jepang. Gambar yang muncul di web tersebut sama yang terlihat pada pengamatan saya, akan tetapi saya tidak menemukan nama ilmiah dari species tersebut, yang muncul adalah nama ilmiah dan gambar semut sesungguhnya tidak seperti yang saya lihat pada kenyataannya. 

Berikut ini saya sampaikan ciri ciri umum dari semut :
  1. Tubuh semut terdiri atas tiga bagian, yaitu kepala, mesosoma (dada), dan metasoma (perut). 
  2. Morfologi semut cukup jelas dibandingkan dengan serangga lain yang juga memiliki antena, kelenjar metapleural, dan bagian perut kedua yang berhubungan ke tangkai semut membentuk pinggang sempit (pedunkel) di antara mesosoma (bagian rongga dada dan daerah perut) dan metasoma (perut yang kurang abdominal segmen dalam petiole). 
  3. Petiole yang dapat dibentuk oleh satu atau dua node (hanya yang kedua, atau yang kedua dan ketiga abdominal segmen ini bisa terwujud). 
  4. Dari rasa penasaran terhadap nama ilmiah dan sebutan semut jepang tersebut, saya memulai dengan mencari berdasarkan ciri-ciri hewan tersebut sehingga dapatlah kata kunci KUTU BERAS, dari hasil surfing di dunia maya sampailah saya di nama hewan serangga bernama Tenebrio Molitor. Gambar nyata yang saya dapatkan sangat mirip sekali dengan bentuk serta ciri-ciri dari semut jepang tersebut. Setelah saya baca artikelnya ternyata Tenebrio Molitor dimanfaatkan larvanya yang sering disebut Ulat Hongkong lebih dikenal dengan sebutan MealWorm atau Yellow MealWorm. 
Istilah SEMUT JEPANG sudah banyak digunakan oleh masyarakat tetapi secara ilmiah dan ciri ciri sebenarnya tidak mencirikan sebagai semut. Lebih cocok disebutkan kutu beras atau Tenebrio Molitor . 

Taxonomy / Klasifikasi dari serangga Tenebrio Molitor adalah sebagai berikut:

Kingdom
Animalia (Animals)
Phylum
Arthropoda (Arthropods
Class
Insecta (Insects
Orde
Coleoptera (Beetles
Suborde
Polyphaga (Water, Rove, Scarab, Longhorn, Leaf and Snout Beetles
Superfamily
Tenebrionoidea (Fungus, Bark, Darkling and Blister Beetles
Family
Tenebrionidae (Darkling Beetles)
Subfamily
Tenebrioninae
Tribe
Tenebrionini
Genus
Tenebrio (Mealworm beetles)
Species
Tenebrio molitor (yellow mealworm)

Hewan Tenebrio Molitor memiliki beberapa siklus fase kehidupan (metamorfosa). Mulai dari telur, lalu menetas menjadi larva (disebut ulat hongkong), setelah mencapai ukuran maksimal, larva akan berubah menjadi pupa atau kepompong, fase kepompong berkisar selama satu minggu hingga menjadi serangga dewasa Tenebrio Molitor.



Gambar: semut jepang Dewasa 

Gambar proses metamorfosis semut jepang dari larva hingga dewasa 

Dari beberapa artikel di website yang saya baca Tenebrio Molitor disebut juga kumbang beras atau kutu beras yang merupakan induk serangga dari larva ulat hongkong. Kumbang beras yang berwarna hitam ini juga merupakan serangga pemakan biji-bijian yang disimpan, seperti biji gandum, bulir jagung, jewawut, sorgum, serta kacang-kacangan. Serangga ini aktif di malam hari (nokturnal). Panjang tubuhnya berkisar 13 – 17 mm. Serangga ini memiliki sebaran luas hampir di seluruh permukaan bumi.

Larva (ulat) hongkong Tenebrio Molitor 

Di luar Indonesia, larva ulat hongkong dikenal dengan nama Meal Worm atau Yellow Meal Worm. Ukuran panjang tubuh larva dewasa bisa mencapai 33 mm dan berdiameter 3 mm. Larva akan berganti kulit sebayak 15 kali sebelum menjadi kepompong. Ulat ini mudah dijumpai pada toko-toko pakan burung, ikan-ikanan, reptil, dan toko pakan ternak lainnya. Karena ulat ini sering dijadikan sebagai suplemen atau makanan utama pada hewan-hewan peliharaan tersebut baik dalam bentuk masih hidup maupun berbentuk pelet.

Pada burung hias dan burung kicau, ulat ini sangat dibutuhkan sebagai makanannya agar memiliki daya tarik dan kicauan yang khas. Jenis burung yang gemar memakan ulat ini cukup banyak, diantaranya burung beo, jalak putih, kacer, cucak biru, culik-culik, jalak bali, kenari, poksay, cucakrawa, murai daun, hwamei, murai batu, dan jenis burung pemakan serangga lainnya. Selain burung, adapun hewan peliharaan lain yang gemar memakan ulat hongkong sebagi sumber nutrisi yaitu ikan hias, udang, dan lobster. Makanan ini dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan serta memberikan daya tahan tubuh yang lebih baik.

Kandungan gizi larva Tenebrio Molitor 
  1. Ulat hongkong di jadikan sebagai pakan favorit oleh para peternak karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk hewan ternak. Kandungan nutrisi ulat hongkong diantaranya :
  2. Protein kasar mencapai 48%, 
  3. Lemak kasar berkisar 40%, 
  4. Kadar abu hingga 3%, 
  5. Kadar air mencapai 57%, 
  6. Kandungan ekstra non nitrogen sebesar 8%.
Adapun beberapa produk ulat hongkong dalam kemasan kaleng memberikan rincian sebagai berikut:
  1. Protein kasar minimal 17%, 
  2. Abu maksimal 7%, 
  3. Lemak kasar 5%, 
  4. Serat sebanyak maksimal 1%. 
Nilai nutrisi bisa saja berbeda tergantung dari makanan yang dimakan oleh ulat.

Pemanfaatan ulat Tenebrio Molitor sebagai pakan ternak 

Beberapa manfaat pakan ulat hongkong bagi hewan peliharaan:
  1. Dipercaya dapat mempertebal tubuh ikan arwana dan ikan hias lainnya 
  2. Suara kicauan semakin nyaring dan bagus bagi burung kicau 
  3. Memperkuat daya tahan tubuh dan mempercantik warna kulit pada ikan hias 
  4. Kandungan protein yang tinggi dapat mempercepat laju Pertumbuhan pada udang dan lobster 
  5. Memperkuat daya tahan tubuh landak mini, reptil, dan amfibi peliharaan 
  6. Berikut ini saya sampaikan manfaat yang di publist di web dari semut jepang sendiri : 
Bagaimana untuk mengobati penyakit menggunakan Semut Jepang.?
  1. Pengobatan pada penderita Diabetes : 2 semut untuk minum – 2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu). Setelah itu diperiksa kadar gula Anda jika cukup normal cukup hari 1 semut (minggu 3 hari konsumsi) …. selama satu bulan. 
  2. Pengobatan pada penderita Hati : 3 semut untuk minum – 2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu). Jika pernapasan dan kondisinya mulai membaik setelah semut minum 2-2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu) … selama 2 bulan 
  3. Pengobatan pada penderita Asam Urat : 2 semut untuk minum – 2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu) setelah hari 1 semut – 3 hari seminggu selama 2 bulan, Untuk kondisi yang parah bisa 5 semut untuk minum. 
Manfaat Semut Jepang 

Jika berbicara tentang kegunaan dan manfaat dari semut Jepang, mungkin Anda akan sedikit terkejut. Semut yang biasanya merupakan serangga kecil yang seringkali luput dari perhatian kita, ternyata memiliki manfaat di baliknya. Anda juga mungkin saja baru pertama kali mendengar tentang semut Jepang. Sebelum membahas tentang kegunaannya, mari kita bahas tentang jenis semut yang satu ini terlebih dahulu.



Sekilas tentang semut JepangSemut dalam bahasa Jepang memiliki sebutan Ari, dimana secara harafiah memiliki arti serangga kesetiaan. Di negara Jepang sendiri terdapat lebih dari 200 jenis semut jepang yang berbeda-beda. Beberapa contoh dari jenis semut Jepang yakni:

Pachycondyla pilosior
Amblyopone silvestrii
Stenamma owstoni
Aphaenogaster
Ponera swezeyi
Aphaenogaster ruida
Ponera scabra
Pehidole bugi
Aphaenogaster vapida
Solenopsis japonica
Monomorium trivial
Technomyrmex gibbsosus
Ochetellus glaver
Lasius talpa
Lasius umbratus
Lasius spathepus
Pyramica leptothrix
Vollenhovia emeryi
Polyergus samurai
Crematogaster vagula
Camponotus nipponicus

MANFAAT SEMUT JEPANG 

khasiat semut jepang yang bisa mengobati dan menjaga sistim imun dalam tubuh kita karena semut jepang mempunyai antibodi atau sistem kekebalan dan Karena memiliki manfaat, sehingga semut Jepang banyak dicari oleh orang-orang, dan banyak orang yang membuat budidaya semut Jepang yang satu ini. Lebih lanjut, sekarang mari kita bahas tentang manfaat dan khasiat atau kegunaan dari semut Jepang untuk manusia berikut:
  1. Menjadikan kadar kolesterol dalam darah normal bagi yang memiliki kadar kolesterol dalam darah yang cukup tinggi.
  2. Dapat meringankan dan mengobati penyakit jantung. (silahkan konsultasikan lebih lanjut dengan dokter anda)
  3. Bisa meringankan dan mengobati asam urat, bagi yang memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.
  4. Membuat tekanan darah menjadi stabil bagi yang memiliki penyakit darah tinggi/hypertensi.
  5. Menjadikan kadar gula dalam darah stabil bagi para pengidap penyakit diabetes.
  6. Menambah vitalitas bagi pria dan wanita yang memiliki aktivitas jam kerja yang tinggi dan sibuk setiap harinya, membuat tubuh lebih bugar.
Cara meminum semut Jepang Mungkin Anda bingung bagaimana menggunakan semut Jepang untuk mengambil khasiatnya tersebut. Caranya yaitu dengan menggunakan kapsul kosong yang berbahan rumput laut. Anda bisa menemukan kapsul ini dengan mudah di toko obat terdekat di kota Anda. Kemudian, Anda perlu mencari semut Jepang ini, lalu semut Jepang pun yang ukurannya kecil dimasukkan dalam kapsul. Selanjutnya kapsul dimasukkan lagi ke dalam makanan lainnya.

Contohnya yang mudah saja seperti pisang, masukkan kapsul ke pisang lalu Anda makan pisang yang terdapat kapsul berisi semut Jepang tersebut. Atau Anda pun bisa langsung mengkonsumsi kapsul berisi semut Jepang tanpa harus menggunakan pisang. Beberapa penjual online ada yang menawarkan penjualan semut Jepang. Anda dapat mengontaknya untuk informasi lebih mendetail tentang semut Jepang. Sekian artikel tentang manfaat dan kegunaan dari semut Jepang,

Untuk bahan pertimbangan mempergunakan sesuatu hendaknya dipikirkan dengan baik.
  1. Kandungannya apa? 
  2. Bagaimana setelah masuk kedalam usus, apa yg terjadi? 
  3. Mungkinkah setelah bercampur dg kendala di dalam lambung dan usus, sang kutu / semut masih bermanfaat dan bisa diserap tubuh? 
  4. Bagaimana dan berapa besarkan kandungan yang terserap tadi sehingga bermanfaat bagi tubuh itu sendiri. jadi bila hewan dimasuk kedalam perut, (jangan lupa ada juga hewan didalam perut yg hidup seperti cacing pita, gelang, kremi, tetapi tdk bermanfaat, dan bahkan merugikan karana menjadi parasit bagi yang punya tubuh dan merusak tatanan pencernaan tubuh.Cara berternak dan membudidayakan semut jepang tergolong sederhana.
CARA PEMAKAIAN SEMUT JEPANG SEBAGAI PENGOBATAN

Pengobatan pada penderita Diabetes

2 semut untuk minum – 2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu)
Setelah itu diperiksa kadar gula Anda jika cukup normal cukup hari 1 semut (minggu 3 hari konsumsi) …. selama satu bulan.

Pengobatan pada penderita Hati

3 semut untuk minum – 2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu)
Jika pernapasan dan kondisinya mulai membaik setelah semut minum 2-2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu) … selama 2 bulan

Pengobatan pada penderita Asam Urat

2 semut untuk minum – 2 kali sehari (3 hari konsumsi seminggu)
setelah hari 1 semut – 3 hari seminggu selama 2 bulan

Untuk kondisi yang parah bisa 5 semut untuk minum.

khasiat semut jepang yang bisa mengobati dan menjaga sistim imun dalam tubuh kita karena semut jepang mempunyai antibodi atau sistem kekebalan

Cara Konsumsi Semut Jepang

Untuk masyarakat yang baru mengetahui sekilas tentang Manfaat dan Khasiat Semut Jepang memang akan merasa geli atau jijik ketika mengetahui Bagaimana Cara Mengkonsumsi Semut Jepang yang bisa dibilang cukup ekstrim, namum perasaan tersebut akan hilang sejalan dengan rutinitas pengkonsumsian semut jepang dan Manfaat dan Khasiat dari Semut Jepang yang sangat besar bagi tubuh manusia.
Porsi Dan Takaran Konsumsi Semut Jepang

Porsi Dan Takaran Konsumsi Semut Jepang adalah dalam 1 hari sekali 10 ekor selama 3 hari dalam 1 minggu. Disederhanakan Seperti ini , misalkan anda mulai meminum 10 ekor Semut Jepang pada Hari Senin, maka Konsumsi Semut Jepang anda lanjutkan selama 3 hari berturut-turut sampai Hari Rabu, Setelah 3 Hari tersebut anda Berhenti Mengkonsumsi Semut Jepang dan dilanjutkan pada hari senin minggu selanjutnya. Dari Penjelasan diatas maka akan disimpulkan bahwa Porsi Konsumsi Semut Jepang Dalam 1 Bulan berjumlah 120 Ekor ( Umum nya dalam 1 bulan terdapat 4 minggu )

Namun Untuk Konsumsi Semut Jepang Bagi Penderita Diabetes Khusus nyaPorsi Dan Takaran Konsumsi Semut Jepang ditambah 5 Ekor Menjadi 15 Ekor Semut Jepang Dalam Sekali Konsumsi nya.
Ada 2 Cara Umum Mengkonsumsi Semut Jepang, Yaitu :

Meminum Semut Jepang Secara Langsung
  1. Sediakan 2 gelas berisi air minum, 1 gelas cukup diberi air minum setengah saja, masukan 10 ekor Semut Jepang ke dalam gelas yang berisi air minum setengah tadi lalu aduk air tersebut sampai membentuk pusaran air dan semut jepang yang berada di dalam nya berkerumun ditengah pusaran air tersebut lalu langsung diminum.
  2. Apabila terasa Semut Jepang Yang Diminum tidak sepenuh nya terbawa pada saat anda meminumnya tadi anda bisa langsung meminum air pada gelas yang sudah anda siapkan sebelum nya.
  3. Meminum Semut Jepang Secara Langsung menggunakan air putih adalah cara yang paling sering dilakukan karena Efek Yang Timbul Dari Mengkonsumsi Semut Jepang Secara Langsung akan langsung terasa pada tubuh, yaitu dalam kurun waktu setengah jam setelah Mengkonsumsi Semut Jepang Badan Akan Terasa Hangat. Karena Rahasia Khasiat Dan Manfaat Yang Terkandung Dalam Semut Jepang terdapat pada saat Semut Jepang Tenggelam Dalam Air , secara insting Semut Jepang Mengeluarkan Enzim Pertahanan Tubuh Pada Saat Hidup Mereka Terancam. Enzim Semut Jepang inilah yang apabila kita mengkonsumsi nya Khasiat dan manfaat yang luar biasa pada Tubuh Orang Yang Mengkonsumsi Semut Jepang
Memasukan Semut Jepang Kedalam Kapsul Kosong

Bagi Anda yang masih Merasa Jijik Atau Geli Dengan Mengkonsumsi Semut Jepang anda bisa mengkonsumsi nya menggunakan kapsul kosong yang bisa dibeli di apotik-apotik terdekat, Untuk Porsi Dan Takaran Konsumsi Semut Jepang nya sama seperti cara pertama

Budidaya semut jepang



beternak semut jepang 1

Sejak salah seorang bapak asal pasuruan yang masuk TV karena usaha budidaya semut jepang. Kini Semut yang satu ini banyak dikenal orang. Untuk membudidayakan semut jepang sangatlah gampang. Berikut langkah – langkah budidayanya :
  1. Sediakan toples plastik yang sudah dilubangi tutupnya. Ini berfungsi sebagai ventilasi udara agar semut tidak mati.
  2. Sediakan kapas secukupnya. 
  3. Sediakan ragi tape.
  4. Hal yang paling penting yaitu semut jepang itu sendiri.
  5. Pertama lubangi toples plastik pada tutupnya. Kemudian masukkan kapas sampai ¾ dari toples.
  6. Usahakan tidak terlalu padat. Setelah itu masukkan semut jepang dan ragi tape.
Mudah bukan ? untuk perawatan selanjutnya anda cukup memberi makan semut seminggu sekali degan tiga butir ragi tape. Kalau budidaya anda ingin cepat berkembang saya sarankan untuk membeli bibit semut jepang sekitar 200an ekor yang mana biasa dijual seharga 200 ribuan. Semut ini akan berkembang biak setelah tiga sampai empat minggu. Dan sebulan kemudian anak dari semut ini akan menjadi dewasa dan siap untuk dipanen dengan harga berkisar 2000 – 5000 per ekor, tergantung dari daerah tempat tinggal anda. Selain mudah dalam budidaya semut jepang sangat cepat dalam berkembang biak.Sekian artikel saya mengenai Cara budidaya dan manfaat dari semut jepang.



2 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus