Selasa, 26 Agustus 2014

OTAK MANUSIA DALAM KAJIAN MEDIS DAN ISLAM

Beruntunglah Manusia yang diciptakan Allah dengan segala kesempurnaan, diberi pancaindra, Hati. Untuk bersyukur, dan akal untuk berfikir, mencari rahasia alam, mengolahnya. Allah menciptakan manusia dari tidak tahu apa-apa menjadi tahu, dengan belajar, otak berkembang dengan berjalannya waktu. Dengan otak manusia berfikir, mempergunakan seluruh pancaindranya dalam menangkap kebesaran dan ilmu Allah.

(S.16:78),“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.”,.
Akal yang diciptakan Allah untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia. Tampa berfikir dan mempergunakan akalnya dan hatinya manusia tidak akan berkembang sesuai dengan fitrahnya.

(S.13:3) “Dan Dia-lah Tuhan yang membentangkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dan menjadikan padanya semua buah-buahan berpasang-pasangan, Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan
Manusia seperti disebutkan dalam Al-Quran, diberikan kesempurnaan rupa, akal, pancaindra, hati. Untuk menjadi Khalifah dimuka bumi ini manusia harus cerdas , tidak hanya cerdas otaknya saja , tapi juga cerdas emosi dan spiritualnya.
Zohar dan Marshall menjelaskan tentang kecerdasan sebagai berikut ini bahwa: Kecerdasan intelektual (IQ) ada di korteks serebrum atau otak besar. Kecerdasan emosional (EQ) ada di sistem limbik atau otak dalam, yang terdiri dari thalamus, hypotalamus dan hippocampus. Dan Kecerdasan Spiritual (SQ) ada di frontal lobus

Secara Medis Otak manusia, adalah organ yang unik dan dasyat, tempat diaturnya proses berfikir, berbahasa, kesadaran, emosi dan kepribadian, secara garis besar, otak terbagi dalam 3 bagian, yaitu neocortek atau cortex cerebri , system limbik dan batang otak, yang berkerja secara simbiosis. Bila neocortex berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa, maka sistek limbic berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional, dan batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik, Ketiganya bekerja bersama saling mendukung dalam waktu yang bersamaan , tapi juga dapat bekerja secara terpisah.

Kerusakan sedikit saja pada otak akan membawa dampak yang luar biasa pada seseorang . seperti operasi otak, akibat stroke, pasien yang pernah mengalami stroke, setelah sembuh banyak yang mengalami perubahan kepribadian.

Otak yang pernah mengalami perdarahan, trauma, misalnya seperti akibat stroke ataupun operasi contohnya pada otak depan atau frontal bagian ventromedial akan timbul gejala si pasien akan kehilangan moral, tatakrama, tidak bisa memdudukan diri pada posisi semestinya. Seorang laki-laki bernama Gage usia 25 tahun bekerja di Burlington New England mengalami kecelakaaan kerja, ketika sebuah besi baja menembus kepalanya dan merusak frefrontal otak, ia lolos dari maut setelah operasi tapi setelah sembuh malah menjadi orang baru , dari yang ramah , tidak mudah marah, disiplin menjadi orang yang kasar, mudah tersinggung, tidak disiplin, Gage berubah menjadi orang yang asing, yang kehilangan aspek moralitas.

Bagian limbik yang menjadi pusat emosi yang berada di amygdala dan hippocampus berfungsi mengatur emosi manusia dan memori emosi, menunjukan seorang penderita epilepsi yang mendapat terapi operasi otak dengan diangkatnya amigdala dan hypocampus memperlihatkan gejala hiperseks dan rakus setelah operasi.

Menurut seorang ahli bedah otak dari Amerika bernama Vilyanur Ramachandran bahwa ada “God Spot “ di lobus temporalis. Orang yang mengaku ateis secara lisan , hati kecilnya pasti akan mengakui bahwa ada Tuhan yang mungkin tidak dikenalnya tapi dia rasakan, karena memang adanya Got spot di bagian temporal manusia menunjukan bahwa Tuhan sebenarnya telah memperkenalkan dirinya pada manusia, tapi kadang manusia lalai dan tidak mau mengakui keberadaannya.

Otak manusia mempunyai berat 2% dari berat badan orang dewasa (3 pon) , menerima 20 % curah jantung dan memerlukan 20% pemakaian oksigen tubuh dan sekitar 400 kilokalori energi setiap harinya. Otak merupakan jaringan yang paling banyak memakai energi dalam seluruh tubuh manusia dan terutama berasal dari proses metabolisme oksidasi glukosa. Jaringan otak sangat rentan terhadap perubahan oksigen dan glukosa darah, aliran darah berhenti 10 detik saja sudah dapat menghilangkan kesadaran manusia. Berhenti dalam beberapa menit , merusak permanen otak. Hipoglikemia yang berlangsung berkepanjangan juga merusak jaringan otak.

Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.Otakterbentuk dari dua jenis sel: glia dan neuron. Glia berfungsi untuk menunjang dan melingungi neuron, sedangkan neuron membawa informasi dalam bentuk pulsa listrik yang di kenal sebagai potensial aksi. Mereka berkomunikasi dengan neuron yang lain dan keseluruh tubuh dengan mengirimkan berbagai macam bahan kimia yang disebut neurotransmitter . Neurotransmitter ini dikirimkan pada celah yang di kenal sebagi sinapsis. Avertebrata seperti serangga mungkin mempunyai jutaan neuron pada otaknya, vetebrata besar bisa mempunyai hingga seratus milliar neuron.

Manusia pun diberi akal untuk berfikir dan mencari rahasia alam semesta yang indah dan penuh dengan ilmu pengetahuan yang harus dipelajari , digali dan dimanfaatkan untuk kepentingan umat manusia

Bab II
Otak Dan Fungsinya
A.Lima Pembagian utama Otak Manusia Secara Anatomi

1. Telensefalon (endbrain)
  • Hemisferum serebri
  • Korteks serebri
  • Rhinensefalon (sistem limbik)
  • Basal Ganglia
  • Nukleus Kaudatus
  • Nukleus lentikularis
  • Klaustrum
  • Amigdala
2. Diensefalon (interbrain)
  • Epitalamus
  • Talamus
  • Subtalamus
  • Hipotalamus
3. Mesensefalon (midbrain)
  • Korpora quadrigemina
  • Kolikulus superior
  • Kolikulus inferior
  • Tegmentum
  • Nukleus ruber
  • Substantia nigra
  • Pedunkulus serebri
4. Metensefalon (afterbrain)
  • Pons
  • Serebelum
5. Mienlesefalon (marrow brain)
  • Medula Oblongata
Ketika lahir seorang bayi telah mempunyai 100 miliar sel otak yang aktif dan 900 miliar sel otak pendukung, setiap neuron mempunyai cabang hinggá 10.000 cabang dendrit yang dapat membangun sejumlah satu kuadrilion (angka 1 diikuti dengan 15 angka nol) koneksi. komunikasi.perkembangan otak pada minggu-minggu pertama lahir diproduksi 250.000 neuroblast (sel saraf yang Belum matang), kecerdasan mulai berkembang dengan terjadinya koneksi antar sel otak, tempat sel saraf bertemu disebut synapse, makin banyak percabangan yang muncul, makin berkembanglah kecerdasan anak tersebut, dan kecerdasan ini harus dilatih dan di stimulasi, tampa stimulasi yang baik , potensi ini akan tersia-siakan.

Human Brain

Weighing about of 1.3 kg (3 lb) and containing 100 billion neurons, the human brain is a marvel of evolution. Complex interactions between neurons produce psychological processes, including learning, memory, emotion, thinking, and perception.

Fungsi Otak kanan dan kiri

Roger Sperry ahli syaraf yang mendapat nobel tahun 1982, menyatakan bahwa didalam di kepala manusia ini ada 2 otak yang dibagi dalam 2 bagian yaitu otak kiri dan kanan sehingga ada 2 pikiran yaitu pikiran rasional dan intuitif.
Ada 8 kecerdasan yang kita kenal sampai saat ini seperti kecerdasan verbal, kecerdasan intrapersonal , kecerdasan kinestetik, naturalis, dan lain-lain. Pada dasarnya setiap orang berpotensi mempunyai beberapa jenis kecerdasan.
Orang yang dominan otak kanannya cenderung berprofesi sebagai pelukis, seniman, penyanyi, pemain musik.

Seorang genius seperti Eisteins selain memiliki kecerdasan matemátika, iapun mempunyai kecerdasan musik, spasial. Habibie mantan menteri reset dan tehnologi dan mantan presiden Republik Indonesia kita, mempunyai kecerdasan matemátika, musik dan mempunyai hobi fotografer yang juga berapresiasi seni yang tinggi

Walaupun keliatannya simetris secara struktur, tapi keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, bila Otak kiri bertanggung jawab terhadap proses berfikir logis, berdasar realitas, mampu melakukan penafsiran secara abstrak, dan simbolis, cara berfikirnya sesuai untuk tugas tugas verbal, menulis, membaca, menempatkan detail, fakta. Sedangkan cara berfikir otak kanan lebih bersifat acak, tidak teratur,intuitif, holistik, bersifat non verbal, kearah perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk, pola, musik, kepekaan warna, kreativitas, visualisasi. (Bobbi De Potter,1999, 37 – 38)

Kedua belahan otak penting artinya , orang yang memanfaatkan kedua belah otak ini cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupannya, Belajar dapat dengan mudah bagi mereka karena mereka mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan dalam setiap pekerjaan yang mereka hadapi. Emosi yang positif akan mendorong kearah kekuatan otak kearah yang lebih berhasil (Bobbi De Potter, 1999, 38)
Ned Herrman melakukan penelitian puluhan tahun terhadap 1000 orang , ia memformulasikan instrumen yntuk menentukan kecenderungan otak seseorang, akhirnya ia membuat pembagian 4 kuadran otak , ia juga membagi 2 komponen utama , korteks otak yang menata fungís-fungsi kognitif, serta limbik sistem yang menata fungsi emosi

Skema pembagian otak yang terbagi menjadi 4 Quadran menurun Herrmann 1996: 162 Taufik Pasiak:2006:19

Anatomy dan gejala akibat stroke

Otak kita terdiri dari 3 komponen: otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brain stem)
  1. Bagian otak yang bila dirusak oleh stroke Gejala kerusakan
  2. Wernicke’s area ( pusat bahasa) Kesulitan berbicara, memahami pembicaraan bingung membedakan kiri dan kanan, sulit dalam membaca, menulis, menamai obyek, berhitung.
  3. Broca’s area (berbicara) Kesulitan dalam berbicara dan kadang-kadang menulis.
  4. Lobus Parietal kiriHilangnya koordinasi antara lengan kanan dan tungkai
  5. Facial and limb areas of the motor cortex on the left side of the brain Paralisis lengan kanan dan tungkai dan bagian kanan wajah
  6. Facial and arm areas of the sensory cortex Hilangnya sensasi lengan kanan dan bagian kanan penglihatan pada kedua mata
Law of Attaction

Law of attraction sebuah teori yang diranngkum dari buku yang berjudul secret karangan Rhonda Byrne, dalam buku yang menjadi best seller tersebut dikatakan jika berfikiran baik maka pikiran itu akan memancar keseluruh alam semesta dan kembali lagi kepada kita dalam bentuk kenyataan, begitu pula ketika mengeluh akan hidup kita dan menyatakan tidak, maka pengaruh negatip akan menarik kearah kita, itu lah yang disebut hukum gaya tarik, ketika kita berpikiran positif maka yang positif akan mempengaruhi kehidupan kita. Kekuatan berfikir mempengaruhi alam semesta. Secara ilmiah pikiran positif mempunyai kehebatan yang luar biasa, kita harus menikmati hidup dan pikiran kita, kita pencipta pikiran kita sendiri, kita hidup didunia ini semua yang ada yang disekeliling kita, bahwa kita menarik apapun yang ada dipikiran kita, pikiran mempengaruhi emosi kita, ada perasaan negatip seperti marah, cemburu, dendam , kebencian, ini disebut getaran yang negatif, apa yang kita pikirkan itu yang akan berbalik kekita, kita kan mendapatkan apa yang kita rasakan. Gaya berfikir kita mempengaruhi orang lain dan sekitar kita, alam semesta bereaksi dengan pikiran kita, apa yang kita pikirkan dan yang kita rasakan, Winston Churchill (1874-1965) mengatakan anda menciptakan alam semesta sendiri sepanjang perjalanan hidup anda, “ you create your own universe as you go along .

Pada saat kita merasakan kesedihan, putarkan sebuah lagu yang indah, maka kita akan mulai merasa lebih baik, kita melihat anak kita tau hewan peliharaan kita, kita akan merasa senang, hidup ini sangat luar biasa.
Bayangkan cerita aladin , ketika dia menggosok lampu ajaibnya ada 3 keinginan tapi keinginan itu tidak terbatas, alam semesta adalah jin Jiny dan jin Jiny selalu mengatakan your are wish is my comend, , alam semesta bereaksi dengan alam pukiran kita.

Bagaimana proses gaya tarik ini bertama ketika kita mengingikan sesuatu kita akan :
  1. Ask. Ketika bertanya apa yang kita inginkan , misalnya seorang anak kecil berumur 6 tahun ingin mempunyai sepeda;
  2. Unswer, alamsemsta mulai mengatur diri kita terhadap apa yang kita inginkan, anda tidak perlu tahu bagaimana alam semsta ini berekaksi , alam semsta menjawab, 
  3. Menerima, bila itu tidak terlaksana maka kita menyadari keinginannkan, kita wujudkan sedikit-sedikit apa yang kita inginkan, seperti cerita anak kecil tadi , dia dapat menggambar sebuah sepeda dan menggambar dia menaiki sepeda tersebut, dan suatu hari orang tua atau kakeknya mengetahui, dan terjadilah apa yang diinginkannya, karena fansasi itu akan berubah jadi kenyataan .
Jangan mengatakan aku ingin ini, tapi merasakan tidak bisa., kita harus langsung bereaksi dengan kecepatan , kita harus memperhatikan apa yang kita inginkan, contohnya kita seperti kita naik mobil dalam malam yang , dengan jarak pandang hanya 6 meter dari lampu mobil , dan itulah kehidupan, kita berjalan sedikit-demi sedikit menggapai tujuan kita, dan semua rahasia kehidupan terbuka sedikit demi sedikit didepan kita sebagai sesuatu yang kita sendiri akan tercengang mendapatkannya.

Jangan menduga-duga, bertindaklah, itu tugas kita, , anda akan menarik yang anda inginkan, berilah perhatian yang penuh pada yang anda inginkan, anda mulai perlahan-lahan dari yang tidak ada, dengan cara yang tidak ada menjadi sesuatu yang ada

Dr. Luther Martin King Jr. mengatakan Take the first step in faith, you don’t have to see the whole staircase , just take the first step, ambilah langkah pertama dengan penuh keyakitan , anda tidak harus melihat semua anak tangga cukup langkah di anak tangga pertama.
Kapan dapat terwujud, berkaitan dengan hubungan keselarasan kita dengan alam semesta.. bagaimana kita menarunya, bayangkan tempat yang anda inginkan dan anda akan mendapatkannya, banyak orang yang merasa terpenjara dalam dirinya, karena kita terus berfikir itu terus menerus, kita memikirkan itu hukum daya tarik bekerja, kebanyakan ,kita mendapatkan yang kita pikirkan.

Budha mengatakan, all that we are is the result of what we have thought , kita adalah hasil dari apa yang kita pikirkan.

DR. Joe Vitale MSC. D (metaphysician) Powerful processes : 1 gratitude (mulai dengan membuat daftar hal-hal yang anda syukuri. Menghargai dan bersyukur akan menarik hal hal yang baik bagi dirikan, focus pada hal yang kita hargai dari pada diri kita. Jangan berfikir terhadap yang tidak kita miliki , tapi yang kita punya, 2. visualize (processes membayangkan dalam pikiran. Dr Denus Wattley Ph.D Psychologist. Mengadakan penelitian seorang atlit di suruh membayangkan dia sedang berlari . dengan visulisasi sama ketika mereka bertanding, didapatkan otot-otot mereka bereaksi sama dengan ketika mereka berlari, hal ini karena otak tidak dapat membedakan apakah ini dilakukan secara khayal atau secara real.

Latihan Otak Dengan Optimalisasi Fungsi dengan Metode Fritx’s Brain

TIM POWER BRAIN INDONESIA mengeluarkan buku bagaimana kita dapat melatih otak kita mininal 10 menit dalam sehari selama 30 hari dengan metode Frits”Brain,(2005), antara lain dibab ini akan disebutkan beberapa latihan, yang dilakukan tiap hari.

A. Latihan mengolah otak

Hari 1
  1. Latihan asosiasi persamaan
  2. Buatlah asosiasi persamaan dari kata-kata : tiang listrik – ban mobil, (karena keduanya memiliki elemen logam), petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban
Hari 2

Latihan Asosiasi perbedaan, contoh kata-kata: laki-laki , perempuan, pentunjuk sama seperti diatas.

Hari 3
  1. Daya Ingat, hafalkan kata-kata dibawah ini , menghafal 5 menit (umur >15 tahun , 3 menit) daftar kata-kata seperti meja, pintu, televisi, pensil. Garpu, lagu , buku, baru, rakus, cuka. Petunjuk, umur 5-10 tahun cukup ingat 6 kata, 10- 15 tahun cukup 10 kata,> 15 tahun mengingat 10 kata dalam waktu 3 menit.
Hari 4

Kecerdasan musikal, dengarkan 2 lagu klasikm tulis kesannya terhadap lagu tersebut dalam kalimat panjang tidak lebih dari 5 kata. Contohnya, keduanya sangat menggugah perasaanku.

Hari 5
Keseimbangan otak kiri dan kanan, buatlah gambar seperti contoh berikut dengan ketentuan : – bagi yang biasa menggunakan tangan kanan untuk kegiatan ini gunakan tangan kiri, begitu juga sebaliknya, apabila selesai menggambar dengan ketentuan diatas gambar lagi dengan ke dua tangan diatas

Hari 6

Koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, untuk melatih koordinasi, lemparkan sehelai kertas yang telah diremas-remas kedalam keranjang sampah dengan jarak 3 meter, tingkatkan atau kurangi jarak untuk menyesuaikan tinggkat kesulitan, Petunjuk, umur 5-10 tahun , jarak kuran gdari 2 meter, umur 10 – 15 tahun , jarak kurang dari 3 meter, umur diatas 15 tahn , jarak keranjang 4 meter.

Hari 7

Kecerdasan Inter dan Intra personal, tuliskan /sebutkan 5 orang nama teman-teman and a beserta sifat-sifat baik mereka.

Hari 8

Asosiasi persamaan, buatkan asosiasi persamaan antara kata-kata : globe (bola dunia) , kue donat. petunjuk: umur 5 -10 tahun : cukup menjawab 8 jawaban , umur 10 – 15 tahun : cukup dengan 10 jawaban, diatas > 15 tahun , cukup dengan 12 jawaban

Hari 9

Asosiasi perbedaan, buatlah asosiasi ini dengan kata-kata, garpu, sendok, Pentunjuk sama seperti diatas.

Hari 10

Daya ingat, sama seperti petunjuk diatas, hari ke-3, tapi menggunakan gambar.

Hari 11

Kecerdasan musikal dan kecerdasan logis matematika, dengan mendengar lagu klasik (khususnya mozart), saat mendengar lagu, lakukan pengurangan didalam pikiran anda contoh 100-7=93, 93-7=86, sampai tidak dapat dikurangi lagi, kemudian tulis kesan anda dengan 5 kata.
Latihan ini akan berulang dilakukan sampai 30 hari

B.TEORI LATIHAN
  1. Asosiasi persamaan dan perbedaan ditujukan untuk meningkatkan fungsi kreativitas otak dan kecerdasan verbal, fungsi ini penting dilatih tiap hari, sehingga otak selalu berfikir, jawaban yang lucu juga tidak dilarang selama masih ada logikanya. Jangan takut berimajinasi.
  2. Daya Ingat, merupakan hal yang penting bagi semua orang, bahkan keluhan dari kebanyakan adalah masalah daya ingat yang menurun, latihan ini akan menguji daya ingat terbaru/recent memory. Kemampuan daya ingat ditentukan antara lain bagaimana kita menyimpanm bagaimana, otak memanggil kembalim fakto atensi, konsentrasi.
  3. Koordinasi merupakan salah satu fungsi oleh otak kecil, dengan latihan ini secara tidak langsung kita, menstimulasi otak kecil.
  4. Stereognosis, merupakan kemampuan mengenal bentuk benda melalui perabaan. Dan kemampuan ini tiap orang berbeda
  5. Fungsi keseimbangan, dipertahankan dengan 3 komponen : yaitu indera penglihatan dan organ keseimbangan baik secara statis maupun dinamism yang keduannya terletak di dalam telingan dan diteruskan ke syaraf kepala vestbulocochlearis
  6. Kecerdasan musikan, musik dianggap bahan asupan bagi otak kita bila tidak di penuhi maka aspek bermusik otak kita tidak akan berkembang. Musik dapat mempengaruhi mood, sehingga menjadi tenang, perasaan menjadi damai.
  7. Keseimbangan otak kiri dan kanan, aspek musik terletak di otak kanan, aspek kata-kata di otak kiri,
Macam-macam kecerdasan
  1. Kecerdasan Verbal merupakan salah satu bagian dari multi kecerdasan yang disebutkan oleh Gardner, orang yang memiliki kecerdasan verbal yang tinggi tidak saja mampu mengolah kata-kata dengan efektif tapi juga mampu menginterprestasikan sesuatu yang tersurat dengan baik.
  2. Kecerdasan Intrapersonal, memahami diri sendiri , mengenali kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri sendiri, dia tidak akan mau melakukan sesuatu diluar batas kemapuannya. Kesuksesan juga ditentukan oleh bagaimana kita mengenal diri sendiri;
  3. Kecerdasan Interpersonal, merupakan suatu kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain, kesuksesan berawal dari langkah tersebut.
  4. Kecerdasan naturalis, kecerdasan ini memberikan kemampuan kita mengenali segala macam benda yang mati dan hidup. Guna mencapai tujuan dan kesuksesan kita. Contohnya yang sederhana , film Mc Giver , seorang yang dapat menggunakan alat sekitar yang sederhana untuk memcari jalan menyelamatkan diri.
  5. Kecerdasan Spasial , kemampuan menentukan arah dan posisi merupakan bakat yang diusung oleh orang-orang dengan kecerdasan spasial yang baik. Bila tidak di latih, kita siap-siap nyasar saat membawa kendaraan dan tidak dapat mengambil keputusan berdasarkan logika.
  6. Kecerdasan Ekstensial, bahwa kecerdasan ini bahwa ia memberikan kita kemampuan untuk selalu menghargai apa yang ada dan apa yang menimpa kita agar dapat kita olah menjadi sesuatu yang bermanfaat.
  7. Kecerdasan logis Matematis, kecerdasan ini paling sering diukur dalam tes IQ, bila kecerdasan ini tinggi, dia akan sanggup menggunakan akal dan logika dalam memecahkan masalah. Walaupun demikian kita tidak boleh memberi kesimpulan seseorang bodoh hanya karena faktor IQ saja.
  8. kecerdasan Kinestetik, kecerdasan ini terdiri dari olah tubuh, olah raga, bila kita ingin sehar maka dengan olah raga dan pola hidup yang seimbang maka kita dapat lebih sehat
G. OPTIMALKAN OTAK KITA

Ada 6 cara untuk mengoptimalkan fungsi otak ALISSA yaitu:
  1. A =Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik.
  2. L = Latihan Fisik, lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi kuat
  3. I = Informasi dan gizi , selalu berikan suplai informasi dan gizi pada otak
  4. S = Santai , buatlah otak rileks dengan menikmati seni, berimajinasi , atau bermeditasi
  5. S = Sosialisasi , bergaul , bercengkrama , dan berdiskusi untuk mengoptimalkan otak
  6. A = Aku mencintai, mencintai dengan tulus, karena ampuh melawan stress yang merusak otak.
Saran-saran Jean Casper untuk cerdas dengan makanan seperti yang di sari oleh Jalaluddin Rahmat dalam bukunya berjudul Belajar Cerdas , belajar berbasis otak.dibawah ini. Hanya 9 yang dimasukan oleh penulis, kiat ke 10 menjadi tambahan yang di ganti oleh penulis.
  1. 1.Makan multivitamin, Penelitian membuktikan bahwa vitamin dan mineral yang secukupnya dapat memelihara otak , meningkatkan kemampuan intelektual, tidak hanya bayi, orang tua juga perlu vitamin dan mineral, menunjang otak yang menua, penelitian membuktikan orang tua yang makan vitamin bertahun-tahun punya fungsi kognitif yang lebih baik. Vitamin B sangat penting merawat otak yang menua dan mencegah dimensia , depresi., Vitamin B12 adalah makanan otak ,terlibat dalam pembuatan sintesis protein, yang membentuk selubung pelindung yang mengelilingi neuron dan memungkinkan neuron mencatat serta menarik kembali ingatan. Michael Freedman , kepala bagian geriatri di New york University Medical Centre meyakini bahwa 7 – 15 % dari seluruh jumlah manula menderita kekurangan B12 karena kandungan asam lambung berkurang dengan sejalan usia sehingga pencernaan vitamin B 12 lebih sulit dilakukan.(Kennet Giuffree, Theresa, 1999: 67 )
  2. .Makan vitamin anti oksidan, makan pil multivitamin aja enggak cukup tampa Vit E dan C yang , asam alfa lipotik, dan koenzim Q 10, beberapa penelitian membuktikan orang yang hanya minum multivitamin saja tampa vitamin E akan mengalami penurunan fungsi kognitif. Dan tidak satupun orang tua yang makan vitamin E dan C menderita alzeimer.. kalau perlu anda mengambil anti oksidan sekaligus kata Dr. Lester Packer dari Universitas California , karena anti oksidan tidak bekerja sendirian, kekuatan antioksudan menjadi lebih kuat bila digunakan bersama-sama.
  3. Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi,  Berarti buah dan sayuran yang dipenuhi anti oksidan, penelitian membuktikan binatang yang diberikan makanan anti oksidan tinggu lebih lambat kerusakan otaknya. Lebih tinggi kemampuan mentalnya. Lebih mampu mengembalikan memorinya dalam usia tua. Sangat menabjubkan bahwa sayuran dapat meremajakan otak, umumnya buah-buahan kaya dengan anti oksidan, jika camilan kita ganti dari keripik ke apel , prem , kismis maka kemampuan intelektual dan kebahagian emosional dapat ditingkatkan.
  4. Minum Teh,  Dr. John Weisburger , peneliti di American Health Foundation, bahwa minum teh adalah cara termudah dan tercepat memasukan anti oksidan kedalam tubuh dan otak, dengan minum teh dalam waktu singkat masuklan 1200 ORAC antioksidan, 1/3 dari jumlah yang disarankan untuk kebutuhan harian.
  5. Hindari Lemak yang buruk, Lemak yang buruk seperti yang ada pada makanan siap saji, seperti burger , lemak tersebut akan menurut penelitian akan merusak konfigurasi membram sel saraf, melumpuhkan pertumbuhan synaps dan mengguncangkan biokimia dari neurotransmiter, pembawa pesan dalam otak. Sama bahayanya terhadap sel adalah minyak goreng yang terlalu jenuh yang mengandung OMEGA 6 , disinyalir omega 6 dapat menimbulkan rangkaian peradarangan kronis didalam jaringan otak yang pada akhirnya menimbulkan kerusakan otak dan serangan otak dan penyakit alzheimer. Memakan asam lemak yang terdapat dalam makanan yang diolah seperti margarine, donat, kentang cepat saji dapat merusak pembuluh darah ke dalam otak.
  6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3,  Dengan memakan ikan dengan suplemennya, lemak yang dibutuhkan ini menjadi suplemen otak, membangn struktur otak, dan membantu metabolisme otak, menumbuhkan dendrit dan sinaps, membuat hati senang dan tenang. kegagalan mendapatkan omega 3, berakibat rendahnya IQ pada taraf selanjutnya. Sejarah membuktikan untuk menghancurkan bangsa Indonesia Belanda mempropaganda bahwa ikan tidak baik untuk di konsumsi , bisa menyebab kan cacingan, mata belekan, anak korengan , ASI akan bau amis. dan lain-lain. Salah satu minyak ikan yang mengandung DHA, terbukti meningkatkan kekuatan otak, memori, mencegah dan mengobati Alzheimer.
  7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat, Makan terlalu banyak gula dan karbohidrat tidak bagus untuk badan dan otak karena kelebihan gula dapat menimbulkan resistensi insulin, bisa menyebabkan kenaikan gula darah , bila terus menerus meningkat di darah, pembuluh darah mudah rusak, bila terjadi di pembuluh darah otak menyebabkan kerusakan permanen pada sel otak, yang menimbulkan malfungsi otak.
  8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan, kelebihan berat badan menimbulkan resistensi insulin , tekanan darah tinggi dan diabetes melitus, kerusakan memori, mengurangi kerusakan otak dari perusakan radikal bebas dengan mengurangi kalori.
  9. Hindari stress, dan berolah raga, Stress mental , biasanya akan membajiri otak dengan, adrenalin, dan kortisol yang menimbulkan stress,ini dapat menimbulkan kerusakan neuron otak. Olah raga membuktikan meningkatkan aliran darah keotak , membebaskan darah dari penggumpalan, memperbesar memori dan kemampuan belajar. Olah raga meningkatkan kadar serotonin dasar dalam otak, ini menurunkan depresi dan memperbaiki pola tidur, juga menurunkan kortisol yang biasanya jumlah nya berlebihan pada saat depresi dan stress.
  10. Hindari rokok, Rokok adalah radikal bebas yang mengandung jutaan racun yang lama-lama akan menghancurkan system metabolisme tubuh, menyebabkan kanker, dan mempermudah terjadinya arteriklerosis pada pembuluh darah, yang lama-lama dapat merusak organ yang diperdarahinya, bila mengenai otak akan menyebabkan stroke, bila ke jantung menyebabkan jantung koroner, dan lain-lain.

HUBUNGAN IQ, EQ, Dan SQ

Manusia yang paripurna harus mempunyai kecerdasan otak , kecerdasan secara emosional dan spiritual.
Goleman mengemukakan lima pengelolaan emosi untuk mencapai kecerdasan emosi yaitu:
  1. Mengenali emosi diri
  2. Mengelola emosi
  3. Memotivasi diri sendiri
  4. Mengenali emosi orang lain
  5. Membina hubungan
Danah Zohar menyebutkan tanda-tanda seseorang yang memiliki kapasitas SQ yang berkembang sebagai berikut :
  1. Kemampuan bersikap fleksibel (adaptif secara spontan dan aktif).
  2. Tingkat kesadaran diri yang tinggi.
  3. Kemampuan untuk menghadapi dan melampaui rasa sakit.
  4. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan.
  5. Kualitas hidup yang dilhami oleh visi dan nilai-nilai..
  6. Mempunyai kecenderungan untuk melihat sesuatu secara holistik.
  7. Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu.
  8. Kecenderungan nyata untuk bertanya “Mengapa?” dan “Bagaimana?” untuk mencari jawaban yang mendasar.
  9. Menjadi apa yang disebut oleh para psikolog sebagai “bidang mandiri” / field independent.
Kecerdasan spiritual dalam Islam didapat dengan ibadah. Pengelolaan terhadap Hati. Hati Menurut al-tirmidzi, hati memiliki empat stasiun : dada, hati, hati-lebih-dalam, dan lubuk hati terdalam. Keempat stasiun ini saling bersusun bagaikan sekumpulan lingkaran. Dada adalah lingkaran terluarnya, hati dan hati-lebih-dalam berada pada kedua lingkaran tengah, sedangkan inti dari hati terletak di pusat lingkaran.(Frager, Syekh Raqib al-jerahi,2003:57)

Ditambahkan lagi menurut Frager, bahwa tiap-tiap stasiun mewadahi cahaya sendiri. Dada mewadahi cahaya alamiah dari bentuk praktik setiap agama, hati mewadahi cahaya iman. Hati-lebih-dalam mewadahi cahaya makrifat, atau pengetahuan akan kebenaran spiritual. Lubuk-hati-terdalam mewadahi cahaya, cahaya kesatuan dan cahaya keunikan, yang merupakan wajah Ilahi. Tiap-tiap stasiun juga dikaitkan dengan tingkat spiritual yang berbeda-beda, tingkat pengatahuaan serta pemahaman yang berbeda, juga tingkat nafs yang berbeda (Frager 2003:58)
Tabel 2. Perbedaan Dada, Qalb, Fuad dan Lubb
Dada/Shadr Qalb Hati-lebih-dalam (Fuad) Lubuk-hati terdalam (Lubb)
  • Cahaya alamiah
  • Cahaya iman
  • Cahaya makrifat
  • Cahaya kesatuan dan keunikan
  • Pencarian
  • Beriman
  • Arif
  • Bersatu
  • Pengetahuan tentang tindakan yang benar
  • Pengetahuan batiniah
  • Penglihatan batiniah
  • Sikap ilahiah

Tirani
  • Penuh penyesalan
  • Terilhami
  • Tenteram

Qalbu atau hati manusia itu menurut Ahmad Tafsir seperti lilin yang menyala, mulanya nyala itu kecil saja. Lilin menyala itu terletak dalam sirr, sirr itu dalam lubb, lubb itu didalam syaghaf , syafgaf itu didalam fu’ad dan fu’ad itu didalam qalb (kalbu ) dan seterusnya.(Tafsir,2006:29)

Menurut Hadist , bahwa Rasulullah bersabda dalam hadist qutsi : ” aku jadikan pada manusia itu ada istana (qash). Didalam istana itu ada (shadr) , didalam shadr itu ada kalbu (qalb), didalam qalb itu ada Fu’ad , didalam fu’ad itu ada syaghaf, didalam syaghaf itu ada lubb, didalam lubb ada sirr, dan didalam sirr itu ada aku (Ana). Susunan itu lebih jelas dalam gambar diatas. Hadist ini menjelaskan bahwa aku menjadi inti. Aku didalam hadist ini adalah Allah yang bersifat Ilahiyah
Gambar 1. 4 Stasiun Hati

Qashr

Hati menentukan tingkah laku, hati yang bersih akan terlihat dari tingkah laku .dan kepribadian. Otak yang cerdas bila tidak dibarengi dengan kecerdasan emosional dan spiritual tidak akan membentuk manusia yang paripurna.

KESIMPULAN

Otak adalah organ unik manusia yang sangat penting untuk mengatur proses berpikir, kesadaran, memori, emosi, kepribadian. Secara garis besar terdiri atas, korteks cerebri, batang otak dan sistem limbik. Korteks cerebri berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa. Sistek limbik berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional. Batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik.

Otak manusia yang terbagi kanan kiri mempunyai fungsi berbeda, otak kiri berfungsi untuk berfikir secara rasional , berkaitan dengan matematika, berbahasa, menganalisa, kontrol tangan kanan. Otak kanan berkaitan dengan berfikir intuitif, seni, estetika, musik, kontrol tangan kiri. Orang yang kidal mempunyai dominasi terhadap otak kanan.

Otak harus dioptimalisasi kerjanya, dengan latihan keseimbangan otak kanan dan kiri , kita dapat melakukan latihan otak seperti : : latihan asosiasi persamaa, latihan Asosiasi perbedaan, daya Ingat, kecerdasan musikal, keseimbangan otak kiri dan kanan, koordinasi dan Kecerdasan Kinestetik, Kecerdasan Inter dan Intra personal, asosiasi persamaan’dan seterusnya berulang seperti diatas

Ada 10 sehat untuk mencerdaskan otak:
  1. Makan multivitamin,
  2. Makan vitamin anti oksidan
  3. Makanlah makanan yang mengadung anti oksidan dengan kadar yang tinggi
  4. Minum Teh
  5. Hindari Lemak yang buruk
  6. Ambilah minyak ikan yang mengandung OMEGA 3
  7. Hati-hati dengan gula dan karbohidrat
  8. Batasi Kalori dan turunkan berat badan,
  9. Hindari stress, dan berolah raga
  10. Hindari rokok

Ada 6 cara untuk mengoptimalkan fungsi otak ALISSA yaitu:
Amankan , selalu lindungi otak karena otak sangat rentan terhadap penyakit dan trauma fisik, lakukan latihan fisik yang membuat otak menjadi kuat, selalu berikan suplai informasi dan gizi pada , buatlah otak rileks dengan menikmati seni, berimajinasi , atau bermeditasi Sosialisasi , bergaul , bercengkrama , dan berdiskusi untuk mengoptimalkan otak, mencintai dengan tulus, karena ampuh melawan stress yang merusak otak.

Law Of Atractian , kita selalu berfikiran positif, beraksi/iktiar, dan bersyukur terhadap yang ada pada kita, karena apa yang kita pikirkan dan kita usahakan adalah apa yang akan kita dapatkan, kesuksesan adalah buah pikiran positif kita dalam memjalankan hidup ini. Kita adalah apa yang kita pikirkan kata Budha, atau kata Winston Churchill anda menciptakan alam semesta sendiri sepanjang perjalanan hidup anda, “ you create your own universe as you go along .
Untuk membentuk manusia yang paripurna tidak hanya cukup dengan cerdas pada intelegensia atau otak saja tapi manusia juga harus cerdas emosi dan spiritual.

Mengubah Pikiran 

Orang kreatif adalah orang yang dapat memproses informasi dengan cara baru langsung di tangan - data sensorik biasa yang tersedia bagi kita semua. Seorang penulis membutuhkan kata-kata, musisi membutuhkan catatan, seorang seniman membutuhkan persepsi visual, dan semua yang perlu beberapa pengetahuan tentang teknik kerajinan mereka. Tapi di samping itu, dalam proses kreatif, modus kedua proses mental terjadi: dalam keadaan kesadaran yang berubah, seorang individu secara intuitif melihat kemungkinan untuk mengubah data biasa menjadi ciptaan asli.

Konsep dualitas, atau dua-keberpihakan, sifat manusia dan pikiran telah didalilkan oleh para filsuf dan ilmuwan dari berkali-kali dan budaya yang berbeda. Ide utama adalah bahwa ada dua 'cara mengetahui' paralel: pikiran dan perasaan, kecerdasan dan intuisi, analisis obyektif dan wawasan subyektif. Penulis politik mengatakan bahwa orang-orang pada umumnya menganalisis poin yang baik dan buruk dari suatu masalah dan kemudian memberikan suara pada insting mereka. Sejarah ilmu pengetahuan penuh dengan anekdot tentang para peneliti yang mencoba berulang kali untuk mencari tahu masalah dan kemudian memiliki mimpi di mana jawabannya menyajikan dirinya sebagai metafora intuitif dipahami oleh ilmuwan. Dalam konteks lain, seseorang mungkin intuisi tentang lain, 'Kata-kata terdengar OK, tapi sesuatu mengatakan padaku untuk tidak percaya padanya': kedua sisi otak sedang bekerja, memproses informasi yang sama dengan cara yang berbeda.
Fungsi otak pada luas dua mode yang berbeda. Pertama mode 'otak kiri' adalah linear, logis, berpikir verbal, yang biasanya kita identifikasikan sebagai 'pikiran' kita - 'program semantik' dari korteks hemispherical kiri. Kedua mode 'otak kanan' adalah holistik, intuitif, fungsi non-verbal (satu tidak bisa menyebutnya 'berpikir' butit adalah cara untuk mengetahui) dari belahan kanan. Dari ini kita biasanya tidak sadar menyadari, kecuali sebagai hasil dari fungsi, yang diteruskan ke otak kiri untuk interpretasi lisan analitik.

Ini dualitas fungsi melewati dengan manipulasi objek dengan tangan. Tangan kanan dari seseorang (yang dikendalikan oleh otak kiri) menentukan gerakan rinci halus, seperti menulis, menyesuaikan mekanisme, menggunakan alat atau melakukan apapun yang memerlukan urutan tindakan. Sementara tangan kiri (dikontrol oleh otak kanan) menetapkan titik anchor atau referensi.

Anda mungkin mengatakan bahwa otak kiri adalah kapur dan otak kanan papan tulis. Sisi kiri adalah linear, tidak dapat menangani lebih dari satu hal pada suatu waktu, dan melupakan string kata-kata atau angka agak cepat. Sisi kanan memegang gestalt, gambaran tersebut. Hal ini dapat membandingkan banyak hal secara bersamaan dan memori gambar, perasaan dan emosi adalah permanen. Hal ini seperti 'tokoh dan tanah', subjek dan latar belakang, fokus pencitraan dan persepsi keseluruhan.

Luria, neurolog besar Rusia menjelaskan ini dalam bukunya 'Man dengan Dunia Shattered'. Dia menulis tentang seorang prajurit yang menerima luka tembak parah merusak korteks yang tepat, namun pria itu selamat, tetapi dengan pengalaman yang sangat aneh. Sambil makan sup, ketika ia berkonsentrasi pada sup sendok menghilang, ketika ia berkonsentrasi pada sendok sup menghilang, dan ketika ia berkonsentrasi pada rasa seluruh ruangan menghilang!
Tanpa musik kemampuan ini tidak akan mungkin. Otak kiri dapat berkonsentrasi hanya pada satu catatan pada satu waktu, sedangkan belahan kanan mampu melihat konteks keseluruhan, apa yang telah dimainkan dan antisipasi apa yang mengikuti, sehingga improvization dan interpretasi emosional yang mungkin. Sedangkan musisi yang dominan otak kiri bisa hanya menyempurnakan instrumen dan memainkan lagu-lagu sederhana robot.

Sebagian kesadaran kita berada di sebelah kiri, pengorganisasian belahan bumi tapi ini tidak berarti bahwa sisi kanan tidak aktif - terus bersinar seperti bintang di siang hari, ada tapi unperceived. Jika otak kiri telah menjadi terlalu dominan belahan kanan telah mengurangi kesempatan untuk berbagi dalam kesadaran, diblokir dengan berbagai cara, dan hanya dapat mengekspresikan dirinya dalam fungsi sangat Bawah Sadar (sering hanya terlihat dalam mimpi). Kesadaran penuh akan timbul dari integrasi kolaboratif dari dua set proses.

Bagaimana penyumbatan tersebut muncul sekitar ditunjukkan dalam contoh berikut. Bayangkan efek pada anak ketika ibunya menyajikan satu pesan verbal tapi cukup lain dengan ekspresi wajah dan bahasa tubuh. "Saya hanya memukul Anda karena aku mencintaimu, sayang" kata kata-kata, tapi 'Aku benci kamu dan akan menghancurkan Anda mengatakan wajah dan tubuh pukulan. Setiap belahan terkena input sensorik yang sama, tetapi karena spesialisasi masing-masing mereka masing-masing menekankan salah satu pesan. Kiri hanya akan hadir untuk isyarat verbal, karena tidak dapat mengekstrak informasi dari gestalt wajah dan sensasi kinestetik efisien. Kanan akan hadir untuk isyarat non-verbal karena telah menjadi khusus untuk melakukan hal ini dan tidak bisa memahami kata-kata.
Dalam situasi ini dua belahan mungkin memutuskan pada kursus berlawanan tindakan: kiri untuk pendekatan, hak untuk melarikan diri. Karena sebelah kiri adalah belahan bumi mengorganisir dapat mengambil kontrol dari saluran output sebagian besar waktu tetapi jika tidak dapat 'mematikan' benar-benar, mungkin puas melepaskan informasi yang bertentangan dari sisi lain. Proses mental dalam belahan kanan, memotong dengan cara ini dari kesadaran belahan otak kiri yang mengarahkan perilaku terbuka, dapat tetap melanjutkan kehidupan sendiri. Memori situasi, isi emosional dan rencana aksi frustrasi semua dapat bertahan, yang mempengaruhi persepsi selanjutnya dan membentuk dasar untuk harapan dan evaluasi input masa depan. Ini mungkin memiliki efek mereka ketika belahan kanan tidak terhalang dan menyebabkan salah tafsir rasional.

Ketika seseorang berada dalam modus otak kanan emosi ekstrim seperti cinta, kemarahan atau kesedihan, rasa sakit dan emosi dan usaha yang berpengalaman tetapi ia tidak dapat mengakses dalil-dalil, kesimpulan dan bahan lain secara lisan dan konseptual disimpan di sebelah kiri, karena ini adalah di bawah batas-batas kesadaran - orang mengatasi sering berkata-kata.

Sebagai akibat dari lebih umum dominasi otak kiri, emosi menjadi memori simbolik ('Saya marah') daripada sensasi perasaan apa yang sebenarnya dialami. Orang mungkin memiliki deskripsi verbal peristiwa tetapi tidak mampu untuk mengalami emosi dan daripadanya nyeri. Emosi yang menyakitkan membujuk otak kiri untuk menahan-off kontribusi sisi kanan itu biasa. Akhirnya, dengan mengurangi lalu lintas saraf antara belahan otak, serat saraf dari saluran penghubung (corpus callosum) menjadi berhenti berkembang dengan tidak menggunakannya (meskipun ini dapat dirangsang untuk tumbuh kembali dengan teknik Psikologi Transformasional) dan kualitas potensi fungsi otak kemudian sangat terbelakang.

Penyebab sering penyumbatan tersebut adalah ketika belahan kanan berisi data yang kiri menemukan jelas tidak nyaman - seperti kebenaran! Misalnya, fakta dari tindakan buruk dapat ditekan dengan cara ini, karena mungkin pengalaman bahwa pikiran menemukan memalukan, tidak dapat diterima atau unconfrontable. Demikian pula, keyakinan yang dipegang teguh yang memiliki investasi emosional yang kuat menjadi daerah dibebankan di belahan kanan. Orang yang kiri dominan cenderung diatur oleh kata-kata dan sistem kepercayaan sering dengan mengesampingkan realitas eksternal, seseorang dengan pikiran yang terintegrasi menggunakan kata-kata sebagai hamba-Nya dan berhubungan dengan kebenaran di mana ia berdiri.

Rata-rata orang hidup terlalu banyak dalam keadaan ilusi sensorik, indoktrinasi, harus jelas tentang apa pun kecuali di langka, interval jelas. Negara trans jauh lebih umum daripada yang umumnya menyadari, jarang ada negara 'tujuan' kesadaran. Sebagian besar dari kita berada dalam semi-bangun, trance semi-tidur disebabkan oleh warisan budaya dan genetik kita dan sistem kepercayaan pribadi kita. Untuk menjadi terbangun sepenuhnya kita harus sepenuhnya menyadari semua pengaruh yang menanggung atas keadaan kita sehari-hari kesadaran.

Selama berabad-abad para sufi mengatakan bahwa manusia harus belajar untuk menggunakan pikirannya dengan cara yang berbeda jika ia adalah untuk kemajuan. Itu rantai yang hilang adalah integrasi pulih fungsi otak kanan holistik. Belahan kanan kami, dengan kapasitas untuk menghargai seluruh kompleks, untuk pengenalan wajah, membaca peta, pemecahan labirin, menyediakan moda alternatif pemahaman.

Bagaimana kita mendapatkan cara ini? Dominasi otak kiri mungkin terjadi karena dari kebutuhan dasar untuk bertahan hidup di dunia fisik. Ini mungkin telah mengembangkan ketika manusia berubah dari makanan-pertemuan sederhana untuk harus membunuh untuk bertahan hidup - termasuk harus membunuh orang lain yang mengancam kelangsungan hidup atau wilayahnya. Manusia harus mengatur dalam kelompok yang lebih besar untuk hidup. Dia harus menyerah bagian dari dirinya, mengingkari kebutuhannya sendiri dan perasaan untuk menghormati orang-orang dari masyarakatnya. Dan untuk membunuh hewan dan manusia lain yang diperlukan semacam mekanisme shut-off dalam memungkinkan tindakan seperti itu.

Intinya tentang perpecahan adalah bahwa salah satu sisi otak kita dapat merasakan sesuatu sementara sisi lain berpikir sesuatu yang sangat berbeda. Perpecahan orang bisa berteriak pada Anda dan tidak tahu mengapa ia melakukan hal itu, meskipun ia akan berhasil merasionalisasi tindakannya dan menyalahkan orang lain. Dengan pembagian otak yang bisa memikirkan satu hal dan melakukan yang lain. Perasaan bisa ditransmutasikan ke dalam bentuk simbolik, terputus dari akar perasaan mereka - elaborateness kehidupan ritual dan simbolik yang sepadan dengan kehilangan diri. Man kemudian bisa membunuh orang lain untuk alasan agama atau membunuh orang lain ketika negara (abstraksi - bukan dirinya sendiri) terancam.

Sebagai manusia datang untuk tunduk kepada otoritas yang lebih tinggi, belahan simbolis dan represif menjadi lebih aktif. Dia mengembangkan segala macam ide dan alasan-alasan yang berada di luar sesuai dengan perasaannya. The trance budaya telah dimulai.

Melalui ribuan tahun nenek moyang kita ditambahkan ke dominasi otak kiri karena itu adalah cara untuk mendapatkan sesuatu. Dua spesialisasi bekerja secara efektif, otak kiri yang mendukung penggunaan tangan kanan itu alat, termasuk menulis. Seluruh sistem kami - buku, sekolah, universitas, industri, struktur politik, gereja - pada dasarnya kiri-berotak dalam belajar, aplikasi dan operasi. Kita umumnya telah menganggap fungsi otak kanan dengan kecurigaan, frustrasi dan kagum.

Bahkan kita menggunakan otak kanan kita sepanjang hidup kita sehari-hari dalam berbagai cara yang halus. Sedangkan otak kiri berfungsi kesadaran kita, hak-otak berfungsi kesadaran kita. Meskipun otak kiri tampaknya mendominasi dan untuk mengkoordinasikan perilaku umum dari kedua bagian, itu adalah sisi kecil yang melihat hal-hal dalam perspektif yang lebih luas. Ia melihat konteks dan memandang bagian-bagian dari suatu peristiwa sebagai gestalt nya. Ini adalah otak kanan yang mengambil fakta-fakta yang dikerjakan oleh otak kiri dan dapat membuat kesimpulan yang tepat (koneksi) dari mereka. Itu membuat fakta-fakta 'bermakna'.

Pentingnya pemahaman kesadaran ganda kami adalah bahwa adalah mungkin untuk memiliki pikiran yang tidak ada hubungannya dengan apa yang kita rasakan, dan mencoba untuk mencapai dan mengubah seseorang menjadi lebih baik melalui pikiran dan aparat intelektual saja, tanpa mengacu pada perlunya untuk koneksi, adalah latihan yang sia-sia. The otak kiri bisa sangat menyadari bahwa merokok menyebabkan kanker tetapi orang itu masih akan mengeluarkan sebatang rokok. Orang sadar tapi tidak sadar.

KIRI
KANAN
Deskripsi verbal, eksplisit
Linear - satu pikiran berikut lain
Sequential, tertib, menghitung
Rasional, kesimpulan berdasarkan alasan
Abstrak - mewakili keseluruhan dengan bagian
Konseptual, kata-simbol
Pemikiran logis, analisis
Symbolised, perasaan evaluatif (kepala)
Konvergen, terfokus (hadir untuk detail)
Memecahkan masalah menuju tujuan
mengatur tindakan, maskulin
Hanya saat ini, aktif, terlibat
Berakhir berorientasi, TELIC
Rincian membayangkan, fictionalises cerita
Memori simbolis jangka pendek
Kelemahan bermusuhan, kekuatan ramah
Munafik, berbohong
Ego-kesadaran
Kesadaran non-verbal, implisit
Spasial, relasional, holistik, mensintesis
Simultan, spontan
Non-rasional, bersedia untuk menangguhkan penilaian
Analogis - lihat kesamaan
Persepsi, beton, gambar-simbol
Ide intuitif, koneksi
Perasaan afektif dan emosi (hati)
Berbeda, kontekstual (mengabaikan detail)
Memandang masalah
Mendukung, reseptif, feminin
Penawaran dengan waktu, reflektif, tujuan
Berarti-dimana berorientasi, paratelic
Membangun konteks, asumsi
Memori persepsi jangka panjang
Kelemahan ramah, kekuatan bermusuhan
Otentik, asli
Sub-kesadaran
Pertahanan: memalsukan, fabrikasi,
mis-pemilikan, membatalkan, atau terpaku
Blok: penekan, pemotongan,
menyangkal, atau diterima pencetakan

Manusia sadar, seperti hewan, rangsangan eksternal, tetapi harus sadar bahwa ia sadar, untuk menjadi sadar diri, adalah fakultas introspektif yang memisahkan dia dari binatang. Tapi dia hanya bisa bermakna obyektif bahwa diri ketika perasaannya dan pemahaman kontekstual terhubung dan terintegrasi.

Logika adalah baik untuk mental berjalan di atas kesalahan masa lalu dan untuk mengantisipasi masa depan sehingga kita tidak melakukan blunder yang sama dua kali. Tapi kita tidak bisa benar-benar tinggal di salah satu dari dua alam waktu ini, dan upaya untuk melakukan hal ini dapat merusak baik pikiran dan tubuh kita. Tugas kita, kemudian, adalah belajar untuk membebaskan diri dari trans budaya, lamunan ilusi, dan dengan pikiran terbangun, hidup hari ini, dalam kesadaran sepenuhnya objektif.

Dalam kehidupan sehari-hari kita hidup kita di dua dunia secara bersamaan, kiri dan kanan mode. Modus kiri berhubungan dengan logika, berpikir linear, rasionalitas, jadwal, waktu, sequencing, pengukuran, jelas, nama, tanggal, penalaran deduktif - hal yang kita pelajari di sekolah. Modus yang tepat adalah tentang intuisi, pemahaman holistik, gerakan ekspresif, seni, puisi, emosi, yang tersembunyi, disimpulkan, dan citra - singkatnya, itu adalah negara 'ah-ha'. Dalam terapi, alam bawah sadar terbaik diakses melalui rute gambar dan perasaan; jawaban kemudian terungkap dari bawah sadar bahwa pikiran rasional tidak akan dinyatakan mampu mencapai.

Otak kanan, pada dasarnya, tidak bisa berbohong, otak kiri adalah pakar berbaring - di fabrikasi jawaban, bercerita, merasionalisasi, menyalahkan dan mendirikan semua pertahanan Ego. 

Seperti kita berbicara dalam bahasa yang normal, kami saling menceritakan apa pun yang kita ingin: rincian, tentang perasaan diterima, basa-basi sosial, setengah kebenaran, kebohongan atau apa pun yang kita perlu mengatakan untuk berfungsi dalam sehari untuk dunia hari. Tapi kita mungkin tidak mengatakan apa yang kita pikirkan - kita dapat menghilangkan informasi dan berbaring, dalam rangka untuk melindungi orang lain atau diri kita dari kebenaran berpotensi menyakitkan.

Kami, sementara itu, selalu mengatakan kebenaran diri kita ditekan, baik tentang realitas sadar kita dan juga berkaitan dengan dimensi yang lebih dalam diri kita yang terdalam, memberikan fakta-fakta tentang peristiwa dan informasi tentang motif kita, tapi ini mungkin tidak terungkap melalui pikiran sadar. Ini adalah perasaan langsung kami, memanfaatkan gambar dan metafora, dan tidak menyamarkan diri dengan basa-basi. Pesan tersembunyi terjadi terutama pada saat-saat ketika otak kanan dirangsang: ketika seseorang mengungkapkan nya sendiri secara emosional atau kreatif.

Jadi tidak perlu lagi berbohong atau berpura-pura. Untuk melakukannya adalah untuk mendukung perebutan kekuasaan, tirani, rendah diri dan isolasi. Kebenaran sebaliknya membawa kita lebih dekat, meskipun mungkin mengambil lebih banyak risiko, keterbukaan dan kerentanan. Sebagai manusia kita ingin disambut, untuk kebutuhan kita untuk dihormati, untuk bisa menjadi kuat dan masih dicintai, harus diakui untuk siapa kita sebenarnya. Dengan bersikap jujur ​​dengan makhluk sesama kita dan diri kita, kita sering bisa menyerang sebuah akord yang beresonansi dalam hati setiap manusia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar